Chinese’ Trap

China trapOne Belt One Road  (OBOR)

Dengan jalur Sutra Maritim Abad ke-21, China secara konsisten terus mengembangkan beragam kemitraan ekonomi dengan negara-negara kawasan di sepanjang rute klasik tersebut. Sebagai negara besar, China berambisi memadukan kedua jalur perdagangan laut dan darat yang telah berlangsung selama ratusan tahun menjadi satu konsep jalur perdaganagn yang terinteragsi, yang dikenal dengan sebutan Satu Sabuk Satu Jalur (One Belt One Road – OBOR).

Yang menarik sikap Pimpinan RRC sering overacting seperti mereka perlihatkan ketika konflik dengan Filipina di Laut China Selatan serta dengan Indonesia soal pencurian ikan. Menurut Philips publikasi pernyataan2 sebenarnya untuk konsumsi domistik dan bukan untuk dunia Internasional. Masalahnya karena teknologi tersebar ke luar negeri, sehingga setiap upaya bersinergi dengan RRC cenderung di curigai. Demikian yang kita alami dewasa ini.

Demikian cuplikan artikel Indonesia Menuju Menjadi Negera Maritim yg Kuat, di kumpulanstudi-aspirasi.com tgl 2 September 2016.

Namun dalam pertemuan di IMF & WBG annual meetig 2018, kecurigaan kepada China soal ekonomi sedikit cair.

IMF & WBG annual meeting 2018 di Bali

Utang yang terbebani dari inisiatif “Belt and Road”  yang dialami negara2 berkembang menjadi fokus dalm pertemuan di Bali tersebut. Pakistan, penerima utama proyek pelabuhan, kereta api dan jalan raya yang dibiayai Cina, secara resmi mencari program bailout IMF selama pertemuan Bali.  Wakil Menteri Keuangan Zou Jiayi memahami ketika PM Mahatir membatalkan FDI (Foreign Direct Investment) China. Proyek yang dibatalkan tersebut adalah proyek East Coast Railway Link (ECRL) yaitu Kereta Api Pantai Timur, dengan total biaya pengerjaan yang mencapai US$ 20 miliar atau setara Rp 290 triliun.

Pembangunan Infrastruktur Indonesia

Sejak zaman Orba berlanjut di era Reformasi pembangunan infrastruktur dibiayai APBN, oleh karena APBN defisit mengakibatkan pembangunan infrastruktur tidak maksimal. Di era Presiden Jokowi.JK pembangunan infrastruktur menjadi investasi BUMN. Sedang dana diperoleh dari pinjaman dari berbagai sumber al pinjaman Bank, pasar saham, pasar global dll.

Mekanisme Utang

mekanisme pinjaman

Ratio Utang per PDB

ratio utang

Ratio Defisit per PDB

ratio defisit

 

Struktur Utang Pemerintah

struktur utang pemerintah

Bagaimana Pemerintah Membayar Utangfakta menjawab

fakta menjawab

Leave a Reply

Your email address will not be published.