Ekonomi Indonesia di 2020

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berbicara soal fenomena penyebaran virus corona dari China. Menurutnya, wabah ini akan berpengaruh kepada kinerja perekonomian di China yang dia prediksi akan sulit di kuartal I 2020. Ujungnya, kinerja ekonomi China yang merosot akan merembet ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Yang jelas menurutnya pemerintah akan fokus untuk memprioritaskan keamanan agar virus corona tidak tersebar di Indonesia.

“Dalam situasi ini prioritas kan keselamatan dulu. Nanti pasti ada pengaruh ke seluruh dunia soal kinerja dan perekonomian China ya. Rasanya kuartal I, saya rasa akan sulit,” ungkap Sri Mulyani usai memberikan kuliah umum di Kampus UI Salemba, Jakarta Pusat, Senin (3/2/2020). Sri Mulyani menyebut kinerja ekspor Indonesia ke China akan turun. Selain itu industri pariwisata juga akan terkena dampak karena larangan terbang dari dan ke China, sehingga wisatawan dari negeri bambu tak bisa mengunjungi Indonesia.

Seperti diketahui sebelum wabah coronavirus pertumbuhan ekonomi China diramalkan pada 6% sebagai akibat wabah ini angka optimis pertumbuhan pada 4% per tahun.

Perdagangan Indonesia – China

Total perdagangan Indonesia dengan Tiongkok sepanjang tahun 2017 mencapai US$ 58,82 miliar, terdiri dari impor US$ 35,76 miliar dan ekspor US$ 23 miliar. Total ekspor 2018 US$ 180.06 miliar dan total impor US$ 188.711 miliar.

Pada tahun 2018, nilai ekspor ke negara-negara Asia mencapai 77,33% dari total keseluruhan nilai ekspor Indonesia, yang terbesar adalahChina dengan nilai US$ 27,1 juta.

Tiga negara pemasok barang impor nonmigas terbesar selama Januari-Desember 2018 ditempat oleh Tiongkok dengan nilai US$45,24 miliar (28,49 persen), Jepang US$17,94 miliar (11,30 persen), dan Thailand US$10,85 miliar (6,83 persen). Impor nonmigas dari ASEAN 19,85 persen, sementara dari Uni Eropa 8,86 persen.

Perdagangan Indonesia – Eropa Memanas

Perdagangan dengan negara2 Eropa menurun jika tahun 2018 surplus USD 2,05 miliar di tahun 2019 turun mnjadi USD 1,78 miliar.  Terdapat isu besar yaitu kelapa sawit yg menjadi pesaing minyak nabati Eropa dan larangan ekspor biji nikel oleh Pemerintah Indonesia yang memukul idustri baja di Eropa.

 

Peningkatan Konsumsi dalam negeri sebagai alternatif terbaik

Di awal tahun, Menkeu  berharap serapan belanja kementerian/lembaga (K/L) dikebut sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Selain itu ada juga besaran dana program keluarga harapan (PKH) yang ditingkatkan, lalu penyaluran dana desa yang skemanya menjadi lebih besar di tahap pertama.

Pada kuartal selanjutnya, Sri Mulyani bilang perekonomian nasional akan didorong oleh kegiatan saat puasa dan Lebaran. Lalu pada kuartal III akan ada penerimaan siswa/siswi di tahun ajaran baru.

Kementerian Keuangan siap mencairkan dana bantuan operasional sekolah (BOS) tahap I pada Februari tahun 2020. Dana yang akan dicairkan sebesar Rp 9,8 triliun dari alokasi Rp 54,32 triliun. Rencananya untuk 10 Februari, 136.579 sekolah yang akan mendapat Rp 9,8 triliun, dana tersebut bisa membantu sekolah beroperasi. Pembayaran langsung ke Kepala Sekolah namun diawasi secara ketat agar tidak disunat.

dari beberapa sumber informasi  gandatmadi46@yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.