How Neoliberal Principles Failed the People of Latin America. And ushered in a new era of socialist government

Oleh: Rob Williams PhD,  Student at Ohio State in history.

Sepanjang abad ke-20, Amerika Latin mengalami pergeseran pendulum yang konsisten antara sistem politik dan ekonomi kiri dan kanan pemerintahan. Baik melalui revolusi, pemilihan, atau kudeta. Di satu sisi spektrum politik biasanya akan dikuti yang lain dalam waktu singkat.

Neoliberalisme adalah era perubahan ekonomi yang dimulai pada 1980-an dan mendapatkan dukungan setelah selesainya Perang Dingin dan runtuhnya Uni Soviet..

Dengan memilih  ekonomi pasar bebas (liberal free-market economy ), kaum neoliberal membongkar ekonomi nasionalis dan mendorong perdagangan bebas di seluruh kawasan. Hasil nya mengurangi pengeluaran pemerintah, tetapi dengan biaya yang besar untuk program sosial. Terlepas dari kelebihannya, kebijakan perdagangan bebas neoliberal tidak cukup untuk mensejahterakan  seluruh rakyat Amerika Latin.

Dengan neoliberalisme  banyak hal positif bagi  Amerika Latin, termasuk pemilihan umum yang bebas dan teratur, marjinalisasi kekerasan politik dan represi yang melanda daerah tersebut, dan lenyapnya sebagian besar gerakan gerilya. Ini juga membawa serta kelas menengah yang tumbuh, dan hari ini sekitar sepertiga dari orang Amerika Latin dianggap sebagai kelas menengah.

Neoliberalisme mencapai hal ini, sebagian, karena prinsip ekonominya berhasil mengekang hiperinflasi yang telah melanda wilayah tersebut. Chili, misalnya, menjadi kisah sukses besar dalam periode ini dan mengalami pertumbuhan yang stabil, inflasi rendah, kredit bagus, dan ekonomi berorientasi  ekspor. Neoliberalisme juga mengurangi birokrasi pemerintah yang tidak efisien dengan memprivatisasi layanan seperti telepon, kereta api, dan lain-lain yang sebelumnya didanai pemerintah.

Sisi positif neoliberalisme, bagaimanapun, tidak melakukan apa pun untuk mencegah melebarnya ketimpangan dan kesenjangan pendapatan di sekitar Amerika Latin. Sementara kelas menengah tumbuh, neoliberalisme dan ekonomi pasar bebas menawarkan sangat sedikit kepada warga termiskin.

Di Chili, sementara negara menikmati ekonomi yang stabil dan kelas menengah yang tumbuh sepanjang tahun 1990-an, distribusi kekayaannya tetap menjadi salah satu yang paling tidak merata di dunia. Karena tarif impor dan ekspor yang rendah, Amerika Latin, terutama Meksiko, mengalami peningkatan maquiladora selama periode ini.

Maquiladora adalah pabrik manufaktur yang mengumpulkan suku cadang yang diimpor dari Asia sebelum mengekspor produk jadi ke utara ke Amerika Serikat. Sama seperti pendahulunya, United Fruit dan lainnya, perusahaan transnasional yang mengoperasikan maquiladora menghindari kondisi kerja demi pendapatan. Mereka memprioritaskan keuntungan daripada orang.

Kehadiran korporasi ini mendorong pemerintah daerah untuk menekan gaji tetap rendah untuk mempertahankan keberadaannya. Mereka juga mempekerjakan sebagian besar buruh perempuan dan memecat mereka yang hamil. Kebijakan neoliberal menyebabkan pemerintah memotong banyak program sosial ketika mereka berusaha untuk mengekang pengeluaran, tetapi ini hanya berfungsi untuk membuat banyak barang tidak terjangkau karena biaya telepon dan barang-barang modern lainnya meningkat tajam. Neoliberalisme bagus untuk kelas menengah, tetapi seperti neokolonialisme, hanya menyisakan sedikit untuk kelas termiskin.

Pada pergantian abad, banyak orang di Amerika Latin bosan dengan janji-janji kosong dan kenyataan buruk neoliberalisme. Sama seperti pertengahan abad ke-20, orang-orang di wilayah tersebut mulai menuntut perubahan dan mulai memilih para pemimpin dengan nuansa nasionalis. Hugo Chavez dari Venezuela termasuk yang paling terkenal karena penggunaan citra Bolivarian dan kebijakan sosialisnya untuk menunjukkan solidaritas Amerika Latin melawan pengaruh AS.

Pada 2010, mayoritas pemerintah Amerika Latin dijalankan oleh politisi nasionalis berhaluan kiri.  Once again, socialist governments promising a focus on nationalistic policies rose to prominence on the backs of the poor.

terjemahan bebas gandatmadi46@yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.