Iklan Pelayanan Publik

Small Scale Business Enterprise

Blogweb kita menampilkan iklan pelayanan publik sebagai ujud kepedulian kepada Small Scale Business Enterprise. Menurut Badan Pusat Statistik jumlah pelaku usaha mikro, kecil, menengah di Indonesia pada 2018 sebanyak 58,97 juta orang. Sedangkan jumlah penduduk mencapai 265 juta jiwa.

Ekonom Utama Bank Dunia, Vivi Alatas menyebut, sektor ketenagakerjaan Indonesia masih menyimpan banyak masalah. Salah satu masalahnya adalah terkait peningkatan produktivitas di sektor Usaha Kecil Menengah (UKM), dan Vivi mengatakan Indonesia bisa belajar dari Malaysia. Setelah terpukul akibat krisis ekonomi Asia, UKM Malaysia pun ikut terpukul namun bisa kembali bangkit.

Pemerintah Malaysia menaikkan PDB 32 persen dari UKM menjadi 40 persen. Diterbitkan juga 200 kebijakan inovasi UKM. Produktivitas naik 16 persen, penyerapan tenaga kerja naik 13 persen, dan intensitas modal naik 43 persen.”Korea Selatan pernah melakukan reformasi ketenagakerjaan karena sempat ada kekakuan pasar tenaga kerja.

Pemerintah Indonesia melakukan reformasi aturan tenaga kerja, menyediakan dana untuk peningkatan keterampilan, program pencarian kerja, dan asuransi untuk pengangguran. Akhirnya, tingkat pengangguran turun dari 7 persen ke 3 persen dalam 3 tahun. Jumlah orang miskin masih 9% dari penduduk Indonesia. Salah satu usaha untuk mengurangi adalah pemberdayaan di sektor usaha mikro, kecil dan menengah.

Gandatmadi46@yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.