Institusi yg kebijakannya mempengaruhi ekonomi AS – Peran Pemerintah

Bersama kita ikuti Pilpres AS tahun 2020 antara pasangan  incumbent President Donald Trump dan Vice President Mike Pence melawan Vice President Joe Biden berpasangan dengan Kamala Harris yg hasilnya dimenangkan oleh President Elect Joe Biden dan Vice President Elect Kamala Harris. President Elect secara resmi akan menjabat pada tgl 20 Januari 2021.

Ketika mengikuti Pilpres menjadi menarik karena mengetahui penentuan pemenang yang berbeda dengan negara kita yaitu popular vote tetapiAS  berbasis electoral vote. Tayangan2 CNN yg online termasuk simulasi menarik karena kita tahu tentang electoral Vote.

Bagaiaman Politik AS, Institusi2 yang kebijakannya mempengaruhi ekonomi AS? Episode sebelumnya posting 1.The FED, 2.Wallstreet, 3.Senat dan 4,Pemerintah / Presiden. Tulisan dan video sudah banyak beredar mengenai kebijakan President Joe Biden namun siapa2 yang menjalankannya?

Sektor Pemerintahan terdapat posisi

Janet Yessen1.Menteri Keuangan (Secretary of Treasurer) ditunjuk Janet Yessen

Ron Klain2.Kepala Staf Gd Putih di tunjuk Ron Klain

Ceicilia RouseCeicilia Elena Rouse

3.The Council of Economic Advisers di tunjuk Elena Rouse

Tony Blinken

4.Secetary of State (Menlu) di tunjuk Anthony Blinken

Lloy Austin5.Menteri Pertahanan di tunjuk Jenderal Lloyd Austin.

Para pembantu President Joe Biden secara resmi setelah mendapat persetujuan Senat.

Secretary of Treasure

Janet Louise Yellen (lahir 13 Agustus 1946) adalah seorang ekonom yang saat ini menjadi distinguished fellow di Brookings Institution dan seorang profesor emeritus di Haas School of Business di University of California, Berkeley. Dia menjabat sebagai ketua ke-15 Federal Reserve dari 2014 hingga 2018, wanita pertama yang memegang peran tersebut, dan juga Wakil Ketua dari 2010 hingga 2014. Presiden terpilih Joe Biden telah mengumumkan pencalonan Yellen sebagai Menteri Keuangan.

Yellen adalah anggota Dewan Gubernur Federal Reserve dari 1994 hingga 1997 dan dari  2010 hingga 2018. Dia juga menjabat sebagai ketua White House Council of Economic Advisers dari Presiden Bill Clinton dari 1997 hingga 1999 dan menjadi Presiden Federal Reserve Bank of San Francisco dari 2004 hingga 2010. Pada 2014, Yellen dinominasikan oleh Presiden Barack Obama untuk menggantikan Ben Bernanke sebagai ketua Federal Reserve. Dia menjalani satu masa jabatan dari 2014 hingga 2018 dan tidak diangkat kembali oleh Presiden Donald Trump.

Yellen lulus summa cum laude dari Pembroke College di Brown University di bidang ekonomi pada tahun 1967. Di Brown, ia mengalihkan jurusan yang direncanakannya dari filsafat ke ekonomi. Ia menerima gelar Ph.D. di bidang ekonomi dari Universitas Yale pada tahun 1971. Disertasinya berjudul Employment, Output and Capital Accumulation in an Open Economy: A Disequilibrium Approach di bawah supervisi  (kemudian menjadi) peraih Nobel James Tobin dan Joseph Stiglitz, yang telah menyebut Yellen satu dari muridnya yang paling cerdas dan paling berkesan.

Yellen adalah seorang ekonom Keynesian dan menganjurkan penggunaan kebijakan moneter dalam menstabilkan aktivitas ekonomi selama siklus bisnis. Dia telah digambarkan sebagai seorang Keynesian. Dia percaya pada kurva Phillips versi modern, yang awalnya merupakan pengamatan tentang hubungan terbalik antara pengangguran dan inflasi.

Yellen dalam pidatonya pada tahun 2007 sebagai Presiden Federal Reserve Bank San Francisco dia mengatakan, “Saya telah mendukung keputusan untuk mempertahankan kebijakan steady at the current rate meskipun inflasi tetap lebih tinggi dari yang saya inginkan. Saya jelaskan bahwa saya memang ingin inflasi turun, tetapi seperti yang baru saja saya tunjukkan dengan perkiraan saya, saya yakin kebijakan sekarang dapat ditempatkan dengan baik untuk mendorong hasil yang persis seperti itu.

Pada tahun 2014, dia dinobatkan oleh Forbes sebagai wanita terkuat kedua di dunia setelah Kanselir Angela Merkel. Pada Mei 2015, Yellen menerima gelar kehormatan  Doktor Ilmu Sosial dari Universitas Yale.

Pada Oktober 2015, Yellen menerima gelar kehormatan Doctor of Laws  dari University of Warwick. Pada bulan Oktober 2015, Sovereign Wealth Fund Institute memberi peringkat Janet Yellen no 1 dan Bloomberg Markets menempatkan Janet Yellen pertama dalam daftar tahunan mereka dari 50 ekonom dan pembuat kebijakan paling berpengaruh.

Yellen menikah dengan George Akerlof, ekonom, pemenang Hadiah Nobel dalam Ilmu Ekonomi, profesor di Universitas Georgetown, dan profesor emeritus di Universitas California, Berkeley. Putra mereka Robert Akerlof lahir. Robert Akerlof sekarang mengajar ekonomi di University of Warwick.

Yellen dan Akerlof berkolaborasi dalam penelitian, termasuk topik-topik seperti kemiskinan, pengangguran, dan makalah tentang biaya melahirkan anak di luar nikah. Keduanya sering menyatakan bahwa satu-satunya ketidaksepakatan mereka adalah bahwa dia sedikit lebih mendukung perdagangan bebas daripada dirinya. .

White House Chief of Staff

Sbg Kepala Staf Gd Putih di tunjuk Ron Klein (lahir 10 Juli 1957) adalah seorang politikus dan pengacara Amerika yang merupakan mantan anggota House of Representatives dari Florida. Dia adalah anggota Partai Demokrat dan hairs the Jewish Democratic Council of America. Dia sebelumnya bertugas di DPR Florida dan Senat Florida. Dia saat ini bekerja di firma hukum Holland & Knight. Dia lulus dari Cleveland Heights High School pada tahun 1975, dan kuliah di Ohio State University, lulus dengan gelar Bachelor of Arts dalam ilmu politik pada tahun 1979.

Tugas dan tanggung jawab kepala staf Gedung Putih bervariasi dari satu administrasi ke administrasi lainnya dan, pada kenyataannya, tidak ada persyaratan hukum bahwa presiden mengisi posisi tersebut. Namun, setidaknya sejak 1979, semua presiden membutuhkan seorang kepala staf, yang biasanya mengawasi akitivitas staf Gedung Putih, mengatur jadwal harian presiden, dan memutuskan siapa yang diizinkan untuk bertemu dengan presiden. Karena tugas-tugas inti ini, kepala staf di diberi label the president’s gatekeeper.

Tokoh yg pernah menduduki sebagai Kepala Staf Gedung Putih a.l jendral Alexander Haig, Dick Cheney.

Council of Economic Advisers

Cecilia Elena Rouse adalah seorang ekonom Amerika dan dekan dari Princeton School of Public and International Affairs di Princeton University. Joe Biden menominasikan Rouse untuk menjadi ketua Council of Economic Advisers pada November 2020. Lahir: 18 Desember 1963 (usia 56 tahun), California, Amerika Serikat. Perempuan kulithitam pertama yg menjadi Ketua Council of Economic Advisers.

The Council of Economic Advisers dibentuk berdasarkan Congress’s Employment Act 1946. Dewan terdiri dari tiga anggota yang diangkat oleh Presiden, dengan dan dengan nasehat dan persetujuan Senat dan masing-masing terpilih melalui seleksi ketat sehingga memenuhi syarat untuk menganalisis dan menafsirkan perkembangan ekonomi, menilai program dan kegiatan Pemerintah sehubungan dengan kebijakan yang dideklarasikan, dan untuk merumuskan dan merekomendasikan kebijakan ekonomi nasional untuk mempromosikan lapangan kerja, produksi, dan daya beli di bawah free competitive enterprise. Presiden akan menunjuk salah satu anggota Dewan sebagai Ketua.

Secretary of State

Sbg Secretary of State (Menlu) dipilih Antony Blinken, adalah seorang pejabat pemerintahan Amerika Serikat yang menjabat sebagai Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat dari 2015 sampai 2017 dan Wakil Penasehat Keamanan Nasional dari 2013 sampai 2015 di bawah kepemimpinan Presiden Barack Obama. Lahir 16 April 1962 (usia 58 tahun), New York USA.

Tony Blinken berada di barisan terdepan yang telah menolak rencana pemerintahan Donald Trump untuk menarik pasukan AS dari Jerman.  Dia bahkan menyebut rencana Trump itu keputusan bodoh sebab akan melemahkan NATO dan membantu Presiden Rusia Vladimir Putin menguasai Eropa.

Blinken bersekolah di École Jeannine Manuel, sebuah sekolah dwibahasa di Paris. Blinken kuliah di  Harvard University, bidang social studies. Meraih Juris Doctor  dari Columbia Law School

Blinken bertemu calon istrinya, Evan Ryan, pada 1995 ketika dia bekerja di Gedung Putih. Ryan kemudian bekerja untuk Clinton selama kampanyenya untuk Senat dan kemudian bekerja untuk Biden ketika dia menjadi wakil presiden sebagai asisten urusan antar pemerintah dan, dari 2013 hingga 2017, sebagai asisten menteri luar negeri untuk urusan pendidikan dan budaya.

Di bawah pemerintahan Obama  sebagai wakil menteri luar negeri, Blinken pernah mengadvokasi keterlibatan AS yang lebih kuat dalam konflik Suriah Ayah Blinken menjadi duta besar untuk Hongaria dan ayah tiri Blinken adalah penasihat Presiden John F. Kennedy serta presiden Prancis.
Secretary of Defence

Presiden terpilih AS, Joe Biden, menunjuk pensiunan militer Jenderal Lloyd Austin, untuk menjadi menteri pertahanannya. Austin sebelumnya pernah ditugaskan untuk mengawasi pasukan AS di Timur Tengah di bawah kepemimpinan Presiden Barack Obama.  Austin menjadi Menhan kulit hitam pertama.

Di masa pemerintahan Presiden Barack Obama, Jenderal Austin memimpin Komando Pusat AS, antara lain mencakup wilayah Timur Tengah, Asia Tengah dan sebagian Asia Selatan, antara 2013 hingga 2016. Jenderal bintang empat itu adalah arsitek utama dalam operasi militer pimpinan AS menggempur kelompok yang menamakan diri Negara Islam (ISIS) di Irak dan Suriah.

Jenderal Austin dikenal sebagai sosok yang mempunyai jiwa kepemimpinan yang kuat dan menghindar dari sorotan publik, tidak banyak memberikan wawancara kepada media dan memilih tidak membeberkan operasi militer kepada publik.

dari berbagai sumber informasi

gandatmadi46@yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.