Institusi yg kebijakannya mempengaruhi ekonomi AS- The Senate Role

Congress mengemban kekuasaan legislatif  Pemerintah Amerika Serikat, bertanggung jawab untuk membuat hukum negara. Kongres terdiri dari dua badan legislatif – Senate dan Dewan Perwakilan Rakyat (the House of Representatives).

Melalui debat dan kompromi legislatif, Kongres AS membuat undang-undang yang memengaruhi kehidupan rakyat sehari-hari. Mengadakan dengar pendapat untuk menginformasikan proses legislatif, melakukan investigasi untuk mengawasi pemerintah  (eksekutif), dan berfungsi mewakili suara rakyat dan negara2 bagian di pemerintah federal.

Total terdapat 535 Anggota Congress. 100 orang di Senate AS dan 435 orang bertugas di The House of Representatives. Congress menadakan rapat  di gedung Capitol AS di Washington, DC.

Para Perumus Konstitusi memberi Presiden kekuasaan untuk memveto keputusan Congress untuk mencegah legislatif menjadi terlalu kuat. … Congress dapat mengesampingkan hak veto dengan mengesahkan dua pertiga suara di DPR dan Senate. (Biasanya disahkan melalui simple majority).

Konstitusi memberi The House of Representatives satu set kekuasaan unik dalam pemerintah federal, yang mewujudkan niat para perumus untuk membuatnya secara unik responsif terhadap keinginan rakyat. … The House adalah satu-satunya cabang pemerintahan yang dipilih langsung oleh para pemilih Amerika sejak pembentukannya pada 1789.

The House of Representatives berwenang membuat dakwaan (impeach) secara resmi sementara Senate berupaya melakukan impeachment (pemakzulan). Selain itu, Senate memberi persetujuan kepada Presiden tentang perjanjian dengan negara lain, menunjuk Supreme Court (MA) dan menunjuk  duta besar.

Senate

Senate menjalankan perannya sebagai pengawas pemerintah dengan meneliti tagihan, legislasi yang didelegasikan, administrasi pemerintah, dan kebijakan pemerintah secara umum. Ini dilakukan melalui prosedur yang digunakan di ruang Senat itu sendiri dan melalui pengoperasian sistem komite Senate.

Para Senator: melakukan debat dan pemungutan suara mengenai bill (undang-undang yang diusulkan); mewakili pandapat rakyat  dari negara bagian / teritori, bekerja di komite parliamentary party (rapat fraksi anggota parpol di parlemen) untuk memeriksa isu-isu penting; menghadiri pertemuan parlemen untuk memutuskan kebijakan, emeriksa dengan teliti pemerintah; dan mendiskusikan isu-isu nasional .

List of  Senate Committees:

Karena volume yang tinggi dan kompleksitas tugasnya, Senate membagi tugasnya menjadi 20 komite tetap, 4 komite gabungan, dan kadang-kadang komite sementara. Dalam tulisan ini dipilih 9 committee saja.

1.Committee on Aging (Special)

Catatan: Meskipun komite khusus tidak memiliki kewenangan legislatif, mereka dapat mempelajari masalah, melakukan pengawasan program, dan menyelidiki laporan penipuan dan pemborosan.
Menangani masalah yang berkaitan dengan perawatan kesehatan untuk manula, perawatan jangka panjang, penipuan dan pelecehan lansia, jaminan sosial dan tabungan pensiun pekerja lansia, kesiapsiagaan darurat untuk manula, membantu manula dengan biaya energi yang meningkat dan perumahan lansia yang terjangkau.

2.Committee on Agriculture, Nutrition, and Forestry

Bertanggung jawab untuk mengawasi semua undang-undang yang berhubungan dengan industri pertanian negara kita, termasuk penelitian pangan dan pertanian, pendidikan, ekonomi dan penyuluhan; inovasi dalam penggunaan komoditas dan bahan pertanian; program pertanian; kehutanan dan penebangan; dan perundang-undangan yang terkait dengan gizi dan kesehatan, termasuk gizi dan bantuan makanan dan pencegahan kelaparan, program gizi sekolah dan anak, inisiatif makanan lokal dan sehat.

Relevansi juga tentang perundang-undangan dan isu-isu terkait termasuk RUU Pertanian, program Makan Siang Sekolah Nasional, Program Makanan Perawatan Anak dan Dewasa, Sarapan Sekolah, WIC dan program Buah dan Sayuran Segar.

3.Appropriations (spesific) Committee

Memiliki yurisdiksi atas semua undang-undang pengeluaran diskresioner di Senate. Komite tersebut menulis undang-undang yang mengalokasikan dana federal ke berbagai badan pemerintah, departemen, dan organisasi setiap tahun. Alokasi dibatasi pada tingkat yang ditetapkan oleh Resolusi Anggaran, yang dirancang oleh Komite Anggaran Senate.

Relevansi juga terhadap semua tagihan yg memerlukan bills

4.Committee on Armed Services

Menangani masalah-masalah yang terutama terkait dengan pengembangan sistem senjata atau operasi militer; pertahanan bersama, Departemen Pertahanan, Departemen Angkatan Darat, Departemen Angkatan Laut dan Departemen Angkatan Udara.

5.Committee on Banking, Housing, and Urban Affairs

Wilayah yurisdiksi meliputi perbankan, asuransi, pasar keuangan, sekuritas, perumahan, pembangunan perkotaan dan angkutan massal, perdagangan dan keuangan internasional, dan kebijakan ekonomi.

6.Committee on Budget

Bersama dengan The House Budget Committee bertanggung jawab untuk menyusun rencana anggaran tahunan Kongres dan tindakan pemantauan anggaran terhadap Pemerintah Federal. Selain itu, Komite Anggaran memiliki yurisdiksi atas operasi Kantor Anggaran Kongres. Resolusi anggaran yang disiapkan oleh Komite Anggaran menetapkan cetak biru yang luas untuk Kongres sehubungan dengan total tingkat pendapatan dan pengeluaran untuk pemerintah secara keseluruhan.

7.Committee on Energy and Natural Resources

Yurisdiksi atas hal-hal yang berkaitan dengan Kebijakan Energi Nasional, termasuk urusan energi internasional dan kesiapsiagaan darurat; kebijakan limbah nuklir; privatisasi aset federal; kebijakan teritorial (termasuk perubahan status dan masalah yang mempengaruhi Antartika) dan masalah Native Hawaiian.

8.Committee on Foreign Relations

Komite Hubungan Luar Negeri umumnya bertanggung jawab untuk mengawasi (tetapi tidak mengelola) dan program dana bantuan luar negeri serta pendanaan , penjualan senjata dan pelatihan untuk sekutu nasional. Komite juga bertanggung jawab untuk mengadakan audiensi konfirmasi untuk posisi tingkat tinggi di Departemen Luar Negeri.

9.Committee on Small Business and Entrepreneurship

Memiliki yurisdiksi atas Small Business Administration dan juga bertugas untuk meneliti dan menyelidiki semua masalah perusahaan bisnis kecil Amerika.

bersambung

gandatmadi46@yahoo.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.