Kriteria Menteri Presiden Jokowi 2019 – 2024.

-Eksekutor yg Mumpuni adalah kemampuan melaksanakan; Planning, Leading, Organizing dan Controlling

-Manager yg Mumpuni adalah memiliki 3 skill; conceptional, human dan technical. 

Mengapa? Oleh karena target posisi ekonomi Indonesia di 2024 menjadi Upper Middle Income (UMI) dari posisi Low Middel Income (LMI)

Dalam blogweb kumpulanstudi-aspirasi.com tgl  7 April 2017, berjudul  Making The Transition from Middle Income to Advanced Economy disebutkan. Angka2 tersebut menjanjikan tetapi tahun 2019 kedepan ekonomi global berubah karena penuh ketidak pastian penyebabnya diantaranya Trade War, Brexit mengakibatkan jatuhnya harga produk2 andalan export kita.

GNI pengganti dari GNP

GNI adalah jumlah value added dari semua produksi yg dihasilakn didalam negeri  ditambah pajak produk apa pun (dikurangi subsidi) yang tidak termasuk dalam penilaian output ditambah penerimaan bersih dari pendapatan primer (kompensasi karyawan dan pendapatan properti) dari luar negeri.

GNI ini mencakup pendapatan dalam negeri dari barang dan jasa yang diproduksi dan dijual ke luar negeri dan investasi luar negeri. Meski begitu, GNI mengecualikan penghasilan warga asing yang ada di suatu negara.

Perbedaan Konsep antara GNP dan GDP

GDP = GNP – net factors income from abroad

Pada 2017, berdasarkan hitungan Bank Dunia terhadap GNI Indonesia masih sebesar $3.540. Ini artinya, sampai dengan tahun 2017, Indonesia masih dalam kategori negara dengan penghasilan menengah bawah atau Low Middle Income (LMI) karena masih jauh di bawah batas maksimum $3.895 per kapita.

GNIPada 2014 posisi GNI per kapita Indonesia mencapai $3.620, maka pada 2015 dan 2016, GNI Indonesia masing-masing sebesar $3.430 dan $3.410. Pada 2016 misalnya, PDB/GDP per kapita Indonesia menembus angka $3.570 dan pada 2017 menjadi $3.846.

LMI Counries

Bangladesh, Egypt, Arab Rep, India, Myanmar,  Pakistan, Papua New Guinea, Philippines, Vietnam, Indonesia

UMI Countries

Brazil, Bulgaria, China, Iran, Islamic Rep, Iraq, Jordan, Kazakhstan, Lebanon, Mexico

Adalah bijak jika para pendukung terutama Parpol pengusung memberikan kebebasan kepada Presiden Jokowi memilih para Menteri mengingat target kedepan tidak mudah.

dari berbagai sumber informasi gandatmadi46@yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.