Mike Pompeo: US remains committed to Asean centrality.

Pertemuan antara Menlu AS, Mike Pompeo dengan Menlu dan Kepala Negara Asean  perlu dicermati ditengah tengah situasi Global khusus Trade War antara AS dengan RRC dan sejumlah negara2 maju. Diberitakan Mike Pompeo komit berinvestasi USD 113 juta mendanai proyek energi, infrastruktur dan ekonomi digital memberi angin segar bagi kawasan ini.

Amerika Serikat tetap berkomitmen pada peran sentral  negara Asean di bawah strategi Indo-Pasifik Amerika, dan berharap untuk memperluas dan memperdalam kemitraan strategisnya dengan kawasan itu, Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo mengatakan dalam pertemuan pertamanya dengan rekan-rekan Aseannya pada Jumat 3 Agustus2018.

Dia mencatat bahwa Presiden Donald Trump menghadiri pertemuan puncak pimpinan ASEAN di Manila November 2017 lalu dan Wakil Presiden Mike Pence juga melakukan perjalanan ke wilayah tersebut. “Saya berharap dan ingin sekali komitmen ini terus berlanjut,” kata Pompeo.

Perjanjian ekonomi kami telah menciptakan ratusan ribu pekerjaan di kedua sisi Pasifik. Asean adalah tujuan No. 1 untuk investasi AS di Asia dan negara-negara anggota Asean telah meningkatkan investasi mereka ke AS dengan lebih dari 1.300 persen antara tahun 2004 dan 2016. “

Berbicara pada awal pertemuan tingkat menteri Asean-AS, Pompeo menggarisbawahi komitmen berkelanjutan negaranya kepada ASEAN, mengutip inisiatif senilai 113 juta dolar AS yang telah dia umumkan awal pekan ini untuk membantu mendanai proyek energi, infrastruktur dan ekonomi digital di wilayah.

“Mengenai keamanan, kami menghargai upaya berkelanjutan ASEAN untuk mempromosikan perdamaian dan stabilitas di kawasan itu, mendukung supremasi hukum di Laut Cina Selatan, dan secara ketat menegakkan sanksi terhadap Korea Utara,” tambahnya.

Pertemuan Asean-AS adalah salah satu dari serangkaian pertemuan tahunan yang dilakukan para menteri luar negeri ASEAN dengan rekan-rekan mereka dari mitra-mitra utama pengelompokan untuk mengambil stok ikatan dan membahas bagaimana mereka dapat diperluas. Tapi pertemuan tahun ini berlangsung di tengah ketegangan perdagangan dan ketidakpastian geopolitik.

Anggota Asean bersikap hati2 terhadap gagasan strategi Indo-Pasifik, karena mereka waspada untuk tidak ditarik ke dalam persaingan kekuasaan negara2 besar dan ingin memastikan bahwa ASEAN tetap berada di pusat  kursi pengemudi – ketika menyangkut keputusan yang mempengaruhi wilayah tersebut.

Dalam komunike gabungan mereka pada Kamis 2 Agustus2018, Menlu AS menegaskan kembali perlunya memperkuat Asean-Centric regional architecture “yang terbuka, transparan, inklusif dan berbasis aturan (rules base)”

Menteri Luar Negeri Filipina Alan Peter Cayetano mengatakan kepada wartawan: “Tentu saja, setiap strategi dan kerangka baru selalu disambut baik, tetapi kami selalu ingin mempertahankan sentralitas Asean.” Mitra utama Asean juga meminta penjelasan tentang kekhawatiran anggota pada pertemuan ini, karena itu  mereka menggarisbawahi komitmen mereka terhadap sentralitas Asean.

Menteri Luar Negeri Julie Bishop dari Australia, yang bersama dengan AS, Jepang dan India, membentuk apa yang disebut quad countries yang memperjuangkan kerjasama keamanan yang lebih besar sebagai bagian dari strategi Indo-Pasifik, mengatakan pada pertemuan tingkat menteri ASEAN-Australia: “Asean berada  di jantung Indo-Pasifik, mengadakan forum-forum utama di kawasan … dan memiliki kapasitas unik untuk aksi kolektif. ” Dia menambahkan:  Its centrality to the region’s architecture is uncontested

Menteri Negara India untuk Urusan Eksternal V.K. Singh pada pertemuan tingkat menteri Asean-India mengatakan: “Kami melihat ASEAN sebagai tumpuan perdamaian, kemakmuran dan stabilitas di kawasan ini. Kami tetap berkomitmen untuk mempromosikan keunggulan ASEAN dalam arsitektur regional

Berbicara sebelum Pompeo, Menteri Luar Negeri Malaysia Saifuddin Abdullah, sebagai co-chaired memimpin pertemuan ASEAN-AS, mengatakan AS adalah mitra penting dan strategis untuk ASEAN, memiliki hubungan yang solid yang mencakup bidang kerjasama yang luas. These span a range of areas, including terrorism, cyber security, climate change, irregular migration and maritime matters.

Datuk Saifuddin mengatakan dia melihat ke depan untuk bekerja sama dengan AS untuk membawa hubungan ini ke lintasan tinggi. “Malaysia, seperti semua negara anggota ASEAN, menghargai peran AS dalam menjaga perdamaian, stabilitas dan kemakmuran di kawasan. Kami juga menghargai peran konstruktif AS dalam mengembangkan arsitektur regional berbasis aturan,” tambahnya.

Sebelumnya pada hari itu, Mr Pompeo berada di Putrajaya, bertemu  Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad. “Berbagai masalah seperti hubungan bilateral, masalah regional dan internasional telah dibahas,” kata Tun Dr Mahathir di Twitter. Mr Pompeo juga meminta Perdana Menteri Lee Hsien Loong di Istana pada hari Jumat.

Menlu AS akan menghadiri pertemuan tingkat tinggi KTT Asia Timur dan Forum Regional ASEAN pada hari Sabtu sebelum bepergian ke Jakarta, di mana dia akan memanggil Presiden Indonesia Joko Widodo pada hari Minggu.

Ke Jakarta

Menlu AS ke RIPresiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan delegasi Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo di Istana Merdeka, pada Minggu pagi tgl 5 Agustus 2018.

“Dalam pertemuan tadi membahas beberapa isu. Pertama, komitmen AS terutama Indonesia dalam rangka strategic partnership sejak 2015. Ini dibangun berdasarkan strategic partnership dan Presiden mengatakan strategic partnership yang dibangun tidak hanya bermanfaat bagi kedua negara, tapi juga dunia.

Presiden menyampaikan, harapan Indonesia fasilitas GSP tetap akan diberikan ke Indonesia. Kalau kita lihat dari barang yang ada di GSP, 53 persen adalah terkait dengan produk yang diekspor AS, terkait proses produksi yang diperlukan an kalau dilihat dari jenis barang yang kita perdagangkan, sifatnya tidak saling berkompetisi satu sama lain. Oleh karena itu lebih mudah bagi kita meningkatkan kerja sama perdagangan.

Sebelumnya dalam kunjungan Menteri Perdagangan RI ke AS, permintaan agar fasilitas GSP (pemotongan bea masuk)  sangat dipertimbangan disetujui.

Dikumpulkan dan diterjemahkan oleh gandatmadi46@yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.