Nancy Lazar: US Come Back (lanjutan)

Saya berpendapat bahwa resesi memang tidak selalu terjadi dikarenakan Fed mungkin berkontribusi secara bertahap, tetapi (resesi) berasal dari perusahaan yang benar-benar memotong biaya sehingga berpengaruh terhadap lapangan kerja dan tingkat pengangguran dan bank-bank menjalankan pengetatan sesuai standar pinjaman, membatasi kredit dan berkontribusi terhadap perlambatan secara keseluruhan belanja pebisnis dan konsumen. Nancy Lazar (episode yg lalu)

NL: Mereka. Bank bertindak secara bertanggung jawab, dan berbicara dengan analis bank, tidak, itu tidak karena peraturan. Itu hanya karena mereka melihat penurunan kualitas pinjaman. Delinquency rates  (kenakalan rate) akan naik. Orang terlambat membayar kembali tagihan mereka, dan sebagai pebisnis yang bertanggung jawab, Bank merespon hal itu, dan mereka memperketat standar pinjaman. Sektor otomotif adalah tempat Anda melihatnya dengan sangat jelas, dan tidak ada perdebatan tentang apa yang terjadi di sektor otomotif.

Anda memiliki siklus kredit yang sangat cepat dalam mobil karena alasan apa pun. Saya tidak yakin mengapa, tetapi bank dan industri otomotif sangat agresif dalam membuat pinjaman mobil pada awal ekspansi, dan sayangnya mereka membuat terlalu banyak. Sounds familiar. Dan sekarang lagi employment backdrop, income backdrop mulai memburuk, saya punya pepatah.

Weak links always crack first. Peminjam terakhir yang mungkin tidak memiliki kualitas kredit yang tinggi sekarang menjadi  membuat tunggakan dan bank mundur, dan Anda melihat itu dalam penjualan otomatis. Penjualan otomatis sebenarnya turun, oleh karena bank memperketat standar peminjaman.

CM: Anda memprediksi pertumbuhan yang lamban untuk sisa tahun 2017, jadi sekitar, apa, satu setengah persen PDB?

NL: One and a half percent.

CM: Why?

NL: Jadi ada harapan untuk memasuki 2017 mungkin sebagian karena mengharapkan pemerintah akan menciptakan economic backdrop yang lebih kuat. Pertumbuhan memang akan berakselerasi. Sebaliknya, kami lebih berhati-hati dalam pertumbuhan. Kami mengalami pertumbuhan yang melambat menjadi sekitar satu setengah persen. Pertama Anda memiliki lonjakan inflasi awal tahun ini. Sebuah lonjakan dalam istilah hari ini, Anda berakselerasi dari sekitar nol di ’15, sekitar satu di ’16, hingga tiga persen di bagian pertama tahun ini.

Jadi, jika upah tumbuh sekitar dua setengah persen, daya beli Anda yang sesungguhnya sebagai konsumen berkurang, sehingga berkontribusi pada perlambatan belanja konsumen di kuartal pertama, dan di atas itu apa yang terjadi di dalam industri mobil, pengetatan standar pinjaman oleh perbankan. Jadi kami telah memperkirakan perlambatan belanja konsumen ini. We’ve clearly gotten it.

Kedua, kami juga sangat berhati-hati terhadap China. China hingga kuartal pertama lebih kuat dari yang saya harapkan, tetapi sekarang Anda mulai melihat China melambat dan at the end of the day that’ll come home and hit U.S. manufacturing activity. Seiring dengan pelambatan yang kami lihat di konsumen AS juga akan memukul aktivitas manufaktur AS, jadi benar-benar kedua kekuatan itu.

CM: Pada laporan baru-baru ini, saya pikir itu adalah harapan versus kenyataan, dan demikian harapan lagi kepada pemerintahan baru dengan agenda pro growth, tidak terjadi dengan cepat. Jadi apa realitas yang akan terjadi di 2018 menurut Anda?

NL: Nah, pada 2018 saya masih berharap reformasi pajak perusahaan, pemotongan pajak perusahaan, meskipun rekan saya, Andy Leperriere akan mengatakan tidak terlalu bersemangat tentang hal itu terjadi dengan cepat. Di sini, di ’17 saya pikir harapan terhadap terjadi  trade deflasi  meskipun perlahan. Deflasi, dan itu akan lebih berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi yang lebih lambat di sini di tahun 2017. Di ’18 kita akan memantau untuk melihat apakah Kongres, pemerintah bisa bertindak bersama-sama dan benar-benar menempatkan stimulus fiskal melalui pemotongan pajak, dan kemudian mudah-mudahan di ’18 kita bisa melihat kenaikan kegiatan ekonomi setidaknya di bagian pertama tahun ini.

CM: Seberapa tergantung ekonomi lagi dalam tahap akhir pemulihan? Seberapa tergantung pada stimulus dari Washington? Maksud saya dulu bergantung pada stimulus moneter. Sekarang kita berbicara tentang stimulus fiskal. Right?

NL: Jadi itu pasti akan membuat meningkatnya kegiatan ekonomi jika individu mendapat pemotongan pajak dan juga perusahaan, jadi sangat tergantung. Maksud saya, kami membutuhkan itu, tetapi masalahnya adalah karena the Fed has highlighted.  Stimulus fiskal pada tahap akhir siklus bisnis ini tidak memberi Anda ekspansi berkelanjutan.  It just temporarily pulls demand foward dan, jika ada, di paruh belakang ’18 ke ’19  selain itu, ekonomi cenderung melambat karena Anda harus berurusan dengan headwinds siklus bisnis seperti bank-bank melakukan pengetatan standar pinjaman.

CM: The rest of the world. Mari kita bicara tentang Eropa, apa bentuk Eropa saat ini? Apa penilaian Anda?

NL: Jawaban mudah untuk Eropa, adalah ok, tetapi ada banyak antusiasme dan benar2 ada harapan saat ini untuk Eropa. Policy uncertainty mungkin memudar, dan sebagai akibatnya kami mendengar dari komunitas investasi bahwa pasar zona euro cenderung mengungguli pasar AS. Lagi-lagi kami khawatir bahwa harapan terlalu luas di Eropa, bahwa tren yang mendasari kegiatan ekonomi di sana juga akan berada di sisi yang lebih lunak. Mereka sangat terikat dengan Cina, khususnya Jerman apalagi Prancis dan Italia dari sisi luxury, Jerman di sisi industri. Ekspor mereka sangat didorong dengan sangat tajam oleh China, dan sekarang ekspor tersebut akan mulai memudar. Jadi sedikit perlambatan di Eropa, dan kami akan lebih berhati-hati di Eropa daripada yang saya pikirkan. Tidak bearish tetapi hanya sedikit lebih berhati-hati di Eropa.

CM: Efek bank sentral di Eropa dengan ECB nya, apakah mereka mulai sedikit pull back?

NL: Tidak diragukan lagi bahwa mereka berada di ujung kebijakan stimulatif juga, bukan karena itu mereka akan mengetatkan dalam waktu dekat. Sekali lagi gubernur bank sentral di seluruh dunia tidak memiliki niat untuk menggelincirkan ekonomi global, dan itu sebabnya akan menjadi lebih dari pendapat saya  bahwa potensi sektor swasta yang tak terduga terhadap pertumbuhan benar-benar menempatkan ekonomi ke dalam resesi.

Eropa akan berada di belakang Amerika Serikat selama beberapa tahun, tetapi mereka tumbuh lebih lambat. Mereka masih memiliki tingkat pengangguran yang sangat tinggi. Mereka tidak memiliki pasar tenaga kerja ketat yang kita miliki saat ini sehingga mereka tidak menghadapi masalah siklus bisnis yang kita hadapi.

CM: Berapa banyak perhatian yang Anda berikan  populisme, Trump? Theresa May di Inggris, dan jelas Marine Le Pen tidak menang, dan dia dikalahkan dengan cukup baik oleh Macron di Prancis, tetapi bagaimana Anda menggambarkannya ke dalam prospek ekonomi dan ramalan terhadap pasar?

NL: Sekali lagi saya melihatnya dari perspektif ekonom. Mengapa pembicaraan Anda  ini terutama di Amerika Serikat dan di Eropa? Saya berpendapat banyak hal yang berkaitan dengan kurangnya investasi. Di Amerika Serikat, apa yang menghambat kami adalah tarif pajak perusahaan kami yang tinggi. Di Eropa itu peraturan. Itu tidak sama dengan di Amerika Serikat.

Beberapa dari negara-negara tersebut telah menurunkan tarif pajak perusahaan mereka. Ini tidak membuat banyak perbedaan karena mereka memiliki tantangan lain untuk bisnis yang benar-benar tumbuh di negara-negara tersebut, terutama Prancis. Bahkan di Jerman dengan serikat pekerja yang tinggi, biaya tenaga kerja yang tinggi, jadi saya pikir kurangnya investasi di negara maju secara umum untuk alasan individu telah menciptakan kelas pekerja yang tumbuh di Flint, Michigan. Orang-orang belum dapat memperoleh pekerjaan.

Tidak semua orang harus kuliah, tidak harus pergi ke perguruan tinggi untuk mendapatkan pekerjaan, harus mendapatkan program pelatihan lain untuk mendapatkan pekerjaan. Jadi saya cukup bersemangat lagi dengan pengakuan ini bahwa Anda harus mempermudah bisnis untuk tumbuh. Dengan itu, semoga Anda bisa mulai mempekerjakan lebih banyak orang dan mengurangi populist turmoil.

CM: Karena salah satu hal yang menarik adalah kearifan populer (popular wisdom), atau bukan wisdom  tetapi semacam pendapat yang sangat umum adalah karena teknologi kita tidak dapat menciptakan lapangan kerja di negara maju untuk orang yang tidak berpendidikan tinggi, sangat terampil, apa pun, dan kamu mengatakan itu tidak terjadi. Right?

NL: Saya penggemar besar creative destructioni, dan Anda harus mengizinkan industri mati, meskipun Anda mendapatkan industri baru, keterampilan baru. Jika saya bisa membuat plug untuk film, Hidden Figures, salah satu hal paling menarik dalam film itu bagi saya adalah para wanita menyadari bahwa mereka membutuhkan keterampilan baru, dan dia perlu belajar bagaimana menjalankan IBM. Memang dia mempelajarinya. Jika tidak, pekerjaan mereka akan hilang. Bagi saya itu adalah salah satu hal paling menarik tentang film itu, dan karenanya mereka tumbuh.

Mereka menjadi lebih kuat, lebih penting dalam pengembangan program luar angkasa, dan saya akan menggunakannya sebagai contoh yang bagus tentang bagaimana creative destruction membuat orang-orang yang lebih cerdas, dan mereka meraihnya dan merupakan bagian utama dari program luar angkasa di Amerika Serikat.

CM: Jadi pendidikan itu belum tentu pendidikan seni liberal, tetapi tentu saja jenis keterampilan yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat teknologi tinggi yang tidak memerlukan gelar sarjana.

NL: Tidak. Program perdagangan. Ketika saya lulus dari sekolah menengah, sebagian besar lulusan sekolah menengah pergi ke sekolah perdagangan. Baik untuk mereka. Hal itu yang ingin mereka lakukan. Di situlah pekerjaan itu, jadi kami memerlukan jejak pekerjaan yang lebih luas di negara ini daripada narrow footprint yang kami miliki, dan itulah mengapa sekali lagi ide renaisans manufaktur untuk saya dan gagasan kebangkitan energi bagi saya menciptakan lapangan kerja, meskipun bukan pekerjaan yang sama kembali di tahun 70-an atau 80-an. Sejujurnya, ini adalah pekerjaan yang lebih baik hari ini, dan creative destruction  telah berlangsung selama berabad-abad.

CM: Jenis pekerjaan apa yang diciptakan oleh teknologi, tampaknya kita memasuki ke masyarakat robot dimana semua jenis pekerjaan akan menjadi otomatis?

NL: Yah, Greg Ipactually menulis artikel bagus di Wall Street Journal hari ini, mengatakan jika ada yang kita butuhkan lebih banyak robot, bukan  kurang robot. Robot menciptakan pekerjaan baru. Industri ritel klasik, industri ritel batu bata dan mortir harus mati. Ada cara-cara baru di mana kita semua bisa berbelanja, dan sebagai hasilnya ada pekerjaan baru yang diciptakan untuk industri-industri itu; yaitu, lihat apa yang terjadi dengan perusahaan pengiriman, Federal Express, UPS, industri gudang. Jadi sekali lagi jika Anda mandek, Anda mati. Anda harus mengizinkan perubahan, dan melalui perubahan Anda benar-benar menciptakan pekerjaan baru. Saya tidak tahu apa yang akan mereka semua tapi …

CM: No one does.

NL: Right, and at the end of the day technology is a positive, not a negative for long-term growth.

CM: Implikasi investasi pertumbuhan yang relatif melambat tahun ini dan tergantung pada apa yang terjadi di Washington, mungkin pertumbuhan lebih cepat tahun depan atau tidak. Apa pandangan Anda di Cornerstone Macro tentang level di pasar saat ini dan apa prospeknya?

NL: Jadi kolega saya yang lain, Francois Trahan, akan menyoroti bahwa memang ekspektasi terlalu tinggi saat ini, dan saya akan sepenuhnya setuju dengan itu sejauh data kepercayaan memang mengharapkan pertumbuhan yang lebih kuat di tahun 2017 ini, dan Anda tidak mendapatkannya. Jadi sekarang cara kami mendeskripsikannya di sisi ekonomi adalah bahwa soft data, data kepercayaan, NAHB, PMI, kepercayaan konsumen, semua sekarang harus turun ke hard data, pada kenyataannya.

Sebagai hasilnya, kami pikir pasar akan melalui period of digestion. Ini cenderung lebih lemah daripada lebih kuat, meskipun keseluruhan pasar tidak turun di dalamnya seperti yang ditekankan oleh Francois. Anda dengan jelas melihat pasar menjadi prihatin dengan pertumbuhan, dan kami pikir hal itu berlanjut untuk hampir sepanjang tahun.

CM: So formost of this year.

NL: Yes.

CM: Apakah ada sesuatu yang terlihat yang akan mengubah pasar yang akan memberikannya pertolongan?

NL: Untuk tahun ini mungkin tidak. Ke ’18 di mana kita benar-benar melihat dari sisi ekonomi, perlambatan ekonomi adalah berita baik, bukan kabar buruk. Sebagai akibat dari perlambatan ekonomi, semua inflasi tiba-tiba melambat seperti yang kita lihat dengan data CPI yang telah kita lihat untuk bagian pertama tahun ini. Setelah melonjak ke Januari dan Februari, inflasi sekarang mulai melambat. Itu bagus untuk konsumen. Pada saat yang sama, imbal hasil obligasi, tingkat hipotek tampak seperti naik secara signifikan.

Sekarang tiba-tiba mereka turun dan stabil pada tingkat yang lebih rendah. Itu bagus untuk ekonomi. Jadi itu akan membantu pertumbuhan saat kami memasuki 2018 bahkan jika kami tidak mendapatkan pemotongan pajak, setidaknya beberapa, dan kemudian itu juga akan membantu pasar, tetapi kami belum ada di sana.

CM: Yang membawa saya ke pertanyaan terakhir dari wawancara ini, dan itu adalah investasi satu untuk portofolio terdiversifikasi jangka panjang. Terakhir kali Anda berada di beberapa tahun yang lalu, Anda merekomendasikan ETF dolar yang sangat baik. Terima kasih, Nancy Lazar. Jadi apa yang akan terjadi sekarang?

NL: Yah, saya akan kembali fokus pada U.S.economy secara umum dan khususnya ruang industri. Masalahnya adalah mereka sering melakukan banyak hal belakangan ini, tetapi Anda menggunakan kata yang tepat, investasi jangka panjang, dan perusahaan yang membangun barang-barang di negara ini secara khusus dari program infrastruktur yang jelas akan terjadi. Sekali lagi, beberapa di antaranya mungkin sedikit mahal saat ini dan dapat terjadi di sini pada tahun 2017, tetapi setiap kelemahan dalam saham ini akan kami pandang sebagai peluang i, perusahaan yang berorientasi pada konstruksi domestik.

CM: All right. Really a treat to have you on, Nancy Lazar from Cornerstone Macro. Thanks so much for being here.

NL: Thank you so much for you time. Appreciate it.

terjemahan bebas olehgandatmadi46@yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.