Penerbitan buku, Kaidah Ilmu Ekonomi (Economics Rules – 2017)

Kaidah Ilmu Ekonomi terjemahan dari buku Economics Rules karya Prof Dani Rodrik, dosen Ekonomi Politik Internasional Ford Foundation di John F. Kennedy School of Government, Universitas Harvard.  Prof Rodrik fokus pada bidang Ekonomi Internasional, Economic development, ilmu ekonomi politik, selain mengajar juga melakukan konsultasi disejumlah negara khususnya negara berkembang. Beliau sangat dikenal di Vietnam, India dan Singapore, di Indonesia nama beliau sangat dikenal oleh kalangan ekonom.

Terjemahan: Memperoleh ijin dari Prof Dani Rodrik dan dibantu mengkoreksi terjemahan oleh Rizki Anandhito Phd, Collorado State University bidang ekonomi dan mining.

Note, untuk memudahkan bagi non ekonom catatan kaki ditambah.

Pesanan Buku

Dibutuhkan minimal 100 buku agar bisa diterbitkan secara resmi, untuk itu mohon kesediaan Ibu dan Bapak sekalian memesan  sekiranya berminat untuk koleksi keluarga atau disumbangkan kepada sejumlah Perguruan Tinggi.  Jumlah halaman 300 lbr ukuran A5  soft cover. Harga Rp 75 ribu-an diluar biaya kirim.

Mohon pesanan dialamatkan kpd gandatmadi46@yahoo.com atau HP 081807991060

Mohon alamat lengkap, no Tlp (HP), Kode Pos.

Terima kasih sebelumnya.

Gandatmadi (Penerjemah)

economics rulesKaidah Ilmu Ekonomi

(Economics Rules)

THE RIGHTS AND WRONGS OF THE DISMAL SCIENCE

TO MY MOTHER, KARMELA RODRIK, AND THE MEMORY OF MY FATHER,VITALIRODRIK. THEY GAVE ME THE LOVE OF LEARNING AND THE POSSIBILITIES FOR EMBRACING IT.

Daftar Isi

KATA PENGANTAR DAN UCAPAN TERIMA KASIH

Penggunaan dan Penyalahgunaan Gagasan Ekonomi

Bab 1 Model, apa yg dilakukan

Bab 2 Sains Pemodelan Ekonomi

Bab 3 Menjelajahi di antara Model

Bab 4 Model dan Teori

Bab 5 Ketika Ekonom Khilaf

Bab 6 Ekonomi dan Kritikannya

Epilog The Twenty Commandements

Catatan

Sinopsis

Memikirkan ulang ekonomi, dari  apa yang bisa kita pelajari darinya . Setelah krisis keuangan dan resesi besar, ekonomi tampaknya hanyalah sebuah sains. Dalam buku yang ditulis dengan tajam, Dani Rodrik, seorang kritikus terkemuka, melihat dari dekat ekonomi untuk menguji kapan segera akan terjadi dan kapan akan berlangsung, memberikan penjelasan yang mengejutkan tentang disiplin tersebut.

Belajar dari sejarah ekonomi dan pengalaman mendalamnya sebagai seorang praktisi, Rodrik berpendapat bahwa ekonomi dapat menjadi alat ampuh untuk memperbaiki dunia – namun hanya ketika para ekonom meninggalkan teori universal dan fokus terhadap konteks yang benar.

Kaidah2 Ekonomi berpendapat bahwa model matematis yang didambakan banyak disiplin adalah kekuatan sebenarnya. Model adalah alat yang membuat ilmu ekonomi menjadi sains.

Terlalu sering, bagaimanapun, para ekonom salah mengira bahwa suatu  model berlaku di mana-mana dan setiap saat. Dalam enam bab yang menelusuri disiplinnya dari Adam Smith hingga saat ini bekerja pada globalisasi, Rodrik menunjukkan betapa beragam situasisehingga  memerlukan model yang berbeda. Setiap model menceritakan sebagian cerita tentang bagaimana dunia bekerja. Cerita-cerita ini menawarkan pelajaran yang luas, dan terkadang kontradiktif, seperti halnya dongeng anak-anak yang menawarkan beragam moral.

Apakah pertanyaan menyangkut kenaikan ketidaksetaraan global, konsekuensi perdagangan bebas, atau nilai defisit dari spending, Rodrik menjelaskan bagaimana menggunakan model yang tepat dapat memberikan wawasan baru yang berharga tentang realitas sosial dan kebijakan publik. Di luar ilmu pengetahuan, ekonomi mengharuskan perancang untuk menerapkan model yang sesuai dengan konteksnya.

Keruntuhan Lehman Brothers tahun 2008 menantang banyak asumsi dari para ekonom terkenal  tentang pasar bebas. Rodrik mengungkapkan bahwa toolkit model ekonom jauh lebih kaya daripada model pasar bebas ini. Dengan pemilihan model pragmatis, para ekonom dapat mengembangkan program antipertensi yang sukses di Meksiko, strategi pertumbuhan di Afrika, dan pemulihan cerdas untuk ketidaksetaraan domestik.

Sekali memperoleh kritikan yang tajam serta pembelaan terhadap disiplinnya, kaidah ekonomi membuat jalan menuju pengetahuan yg rendah hati tetapi efektif.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.