Powell, Yellen and Bernanke in Conversation during American Economic Association’s annual meeting in Atlanta – part 2

Ketua Federal Reserve (The FED) Jerome Powell (Lawyer, Princeton University) lahir 1953 bergabung dalam percakapan dengan mantan pemimpin Fed Janet Yellen (ekonom, Yale University) lahir 1947  dan Ben Bernanke (ekonom,MIT,dosen Princeton) lahir 1953 selama pertemuan tahunan American Economic Association di Atlanta pada hari Jumat, 4 Januari 2019. Mr. Powell membahas keadaan ekonomi AS, pasar keuangan, dan pendekatan bank sentral terhadap kebijakan moneter, sementara ketiganya berbicara tentang bagaimana para pemimpin Fed dan presiden AS berinteraksi, peraturan keuangan, dan bagaimana meningkatkan keragaman dalam profesi ekonomi, di antara topik-topik lainnya. Diskusi dimoderatori oleh New York Times ‘Neil Irwin – 4Januari 2019

Part 2

Neil Irwin:

Kita perluas pembicaraan kita sekarang. Dr Yellen, jika ekspansi ini berlangsung hingga musim panas mendatang, itu akan menjadi yang terpanjang dalam catatan. Anda memainkan peran penting dalam mewujudkannya. Seberapa yakin Anda bahwa ekonomi ini berada pada jalur untuk terus tumbuh hingga 2019? Seberapa mengkhawatirkan Anda menemukan pergerakan terbaru di pasar menurut  beberapa data survei?

Dr Yellen:

Ya, saya setuju dengan penilaian Ketua Powell yang baru saja dia tawarkan. Data menunjukkan kita memiliki ekonomi yang cukup kuat. Konsumen – Anda tahu, pengeluaran konsumen adalah dua pertiga dari semua pengeluaran dalam perekonomian dengan pertumbuhan lapangan kerja yang kuat dan pertumbuhan income, beban utang telah berkurang secara substansial, harga perumahan naik, harga minyak turun, menempatkan sejumlah uang di kantong konsumen

Saya pikir consumer spending – dan – terlihat, seperti kata Jay (J Powell), seolah-olah pengeluaran selama Natal kuat. Itu basis yang kuat untuk ekonomi tahun depan. Saya tidak berpikir bahwa ekspansi hanya mati karena usia tua. Dua hal biasanya mengakhiri mereka. Salah satunya adalah ketidakseimbangan keuangan dan yang lainnya adalah The Fed, dan biasanya ketika The Fed mengakhiri … ekspansi. Itu karena inflasi telah keluar dari kendali dan The Fed perlu memperketat untuk menurunkannya, dan saya pikir The Fed sekarang berada pada posisi yang sangat baik dengan inflasi yang rendah dan dinamika inflasi yang menguntungkan dalam arti – keterkaitannya.

Jadi saya percaya bahwa ada keterkaitan antara mengendurnya pasar tenaga kerja dan pasar produk serta inflasi. Tetapi kekuatan hubungan itu tidak terlalu besar. Jadi kita memiliki kurva Phillips yang relatif datar adalah cara lain untuk menempatkan itu. Di samping itu, ekspektasi inflasi tampaknya sangat kuat dan dinamika inflasi sangat menguntungkan. Ini memberi mantan kolega saya kesempatan untuk berhati-hati, bergerak secara bertahap, bergantung pada data, mengelola risiko, dan saya yakin mereka akan bisa melakukan itu, dan saya tidak benar-benar melihat financial imbalances di bidang perekonomian pada titik ini yang terlihat akan menjadi ancaman.

Jadi, tentu saja, kami melakukan pengetatan kondisi keuangan. Pasar, jelas, khawatir tentang risiko penurunan. Ada beberapa – kita melihat beberapa perlambatan dalam ekonomi global. Saya percaya pertumbuhan cenderung melambat sedikit tahun depan tetapi masih cenderung berakhir di atas tingkat pertumbuhan potensial, yang konsisten dengan pasar tenaga kerja yang kuat dan bahkan mungkin beberapa pengetatan lebih lanjut.

Neil Irwin :

Dr. Bernanke, Anda pernah berbicara tentang efek Wile E. Coyote – karena dampak stimulus fiskal dari pemotongan pajak memudar sehingga kita mungkin berada di tempat yang buruk, di atas tebing dan memandang ke bawah. Apakah kita – apakah kita melihatnya sekarang? Apakah itu bagian dari apa yang berpengaruh dan seberapa takut itu akan terjadi?

Dr Bernanke:

Yah, saya pikir kita memiliki peluang bagus untuk memecahkan rekor sepanjang masa untuk ekspansi – ekspansi 10 tahun – pertengahan tahun depan. Sangat mungkin bahwa ekonomi akan tumbuh lebih lambat pada 2019 daripada 2018 dan mungkin bahkan lebih lambat pada 2020. Ini bukan sesuatu berita baru. Maksud saya, kita sudah mengantisipasi ini sejak lama karena kebijakan fiskal, khususnya, yang diberlakukan mendekati titik awal full employment – kita tahu bahwa pengecualian hukum bahwa stimulus akan berkurang seiring waktu. . Dan itu tentu akan memperlambat pertumbuhan, semuanya setara. Kondisi keuangan, jika ada, sedikit meluap-luap, Anda tahu, pada tahun 2017, awal tahun 2018. Sampai batas tertentu, apa yang kita lihat dalam pengetatan ini telah kita lihat adalah pengembalian sebagian dari itu, terutama dengan kekhawatiran tentang pertimbangan geopolitik, perang dagang, dan sejenisnya. Dan kemudian, tentu saja, Anda tahu, semacam pertemuan sempurna dari pertumbuhan yang disinkronkan yang kita lihat pada 2017 juga – secara global – juga sedikit kurang kuat.

Jadi semua hal ini memang menyarankan beberapa moderasi. Tapi, seperti kata Janet, ekspansi tidak mati karena usia tua. Saya suka mengatakan mereka malah dibunuh. (Tertawa.) Dan sekarang kita –

Neil Irwin:

So a murderer is not – (laughter) –

Dr Bernanke:

Tidak. Saat ini kami tidak – saya tidak melihat siapa pun menyelinap di belakang – bersembunyi di balik tirai. Tetapi beberapa perlambatan tampaknya mungkin terjadi. Saya,  katakan saja, Anda tahu, bahwa hal itu baik bahwa The Fed memiliki fleksibilitas untuk merespons dengan cara yang – akan responsif terhadap data, responsif terhadap pasar, dan mengelola risiko yang jelas pada kedua hal tersebut.

Neil Irwin:

Jadi, Anda bertiga tahu betul, karena menjadi ketua Federal Reserve bukan hanya tentang ekonomi. Ini tentang menavigasi sistem politik, menavigasi Washington. Tugas itu menjadi lebih sulit bagi penerus Anda. Ketua Powell, presiden tampaknya sangat tidak senang dengan jalur kenaikan suku bunga. Ada yang melaporkan bahwa dia dianggap mencoba memecat Anda, yang akan menimbulkan pertanyaan hukum, untuk membuatnya agar  lebih ringan. Sudahkah Anda menerima komunikasi langsung dari Gedung Putih yang menyatakan ketidaksenangan? (Tawa.) Pernahkah Anda menerima sesuatu langsung dari Gedung Putih tentang ketidakbahagiaan dengan jalur menaikkan interest rate , atau diskusi tentang perubahan dalam pekerjaan Anda?

J Powell:

No. No, I have not. (Laughter.) I have not. I have no news for you on that.

Neil Irwin:

There’s also been discussion of a face-to-face meeting between you and the president. If invited, would you – would you accept that kind of invitation if it were made?

J Powell:

So, again, I have no news on that. Nothing’s been scheduled. I would say that meetings between presidents and Fed chairs do happen. And they’ve happened. I think I can’t think of any Fed chairs who didn’t eventually meet with the president. But, again, nothing has been scheduled, and I don’t really have anything to report on that.

Neil Irwin:

If the president asked you to resign, would you do it?

J Powell:

No. (Laughter.)

Neil Irwin:

Dr Bernanke, Anda bekerja di bawah dua presiden, Presiden Bush dan Presiden Obama. Bisakah kita – dalam diskusi tentang hubungan antara ketua The Fed dan sistem politik, bagaimana interaksi Anda dengan kedua presiden itu? Ketika suatu hubungan bekerja berjalan dengan baik, apa yang terjadi?

Dr Bernanke:

Ya, saya memiliki hubungan yang sangat baik dengan Presiden Bush, yang awalnya menunjuk saya, dan saya bekerja untuknya di Gedung Putih untuk sementara waktu. Dan juga dengan Presiden Obama yang mengangkat kembali saya. Keduanya sangat menghormati independensi Fed atas keputusan tingkat suku bunga jangka pendek. Pada beberapa kesempatan, pada kenyataannya, Presiden Obama dengan tepat berkomentar kepada saya bahwa dia telah dikritik di luar negeri karena tindakan Fed dan dia harus memberi tahu mereka: Tidak, itu benar-benar – (tertawa) – bukan bailiwick kita, dan bahwa Federal Reserve telah membuat –

Neil Irwin:

QE2 [the second round of quantitative easing] was a difficult time for a lot of us. (Laughter.)

Dr Bernanke:

Ya. Ya. Jadi saya memiliki hubungan yang baik dengan mereka berdua. Dan saya pikir itu bekerja dengan baik bahwa Federal Reserve – tentu saja, tujuannya ditentukan oleh Kongres. Itu bertanggung jawab kepada Kongres. The Fed menjadi semakin transparan dari waktu ke waktu. Saya ingin memberi selamat kepada Jay karena menambahkan empat konferensi pers tambahan setiap tahun. Sangat penting bahwa Fed bertanggung jawab dan transparan. Tapi itu membuat – yang terbaik – hasil terbaik terjadi jika keputusan tingkat bunga individu yang diambil dalam mengejar tujuan-tujuan yang diamanatkan itu dilakukan secara independen dengan cara yang tidak berpihak, dengan melihat tujuan jangka panjang Fed.

Dan saya pikir Janet dan saya sangat beruntung bahwa Presiden Bush dan Obama sangat menghormati itu. Saya pikir itu berlangsung dengan baik. Saya memiliki hubungan yang baik dengan Treasury Secretaries (Menkeu), dengan pejabat administrasi lainnya, dan menjaga mereka tetap well-informed  , sekali lagi, memiliki hubungan yang bersahabat. Jadi saya pikir itu pengaturan yang ideal. Selama krisis keuangan kami harus bekerja – The Fed dan Departemen Keuangan – harus bekerja cukup dekat pada masalah-masalah itu. Tetapi saya akan memisahkan beberapa dari masalah-masalah itu dari keputusan kebijakan moneter murni, yang selalu diserahkan pada kebijaksanaan Fed.

Neil Irwin:

Do you see President Trump’s approach as problematic?

Dr Bernanke:

Ya. Saya pikir semua orang akan lebih baik jika jelas bahwa Fed mengambil keputusan berdasarkan mandatnya dan penilaiannya atas kebutuhan ekonomi jangka panjang, yang saya yakin sepenuhnya akan dilakukan.

Neil Irwin:

Dr Yellen, apakah Anda percaya bahwa presiden mempertimbangkan bahwa sikapnya berbahaya jangka panjang bagi – bagi Federal Reserve dan kemandiriannya serta kebijakan moneter yang sehat?

Dr Yellen :

Yah, saya pikir jika itu pada akhirnya akan merusak kepercayaan publik pada The Fed, basis bagi tindakannya dan respon terhadap mandatnya. Sudah menjadi tradisi yang sangat lama yang saya pikir dimulai dengan benar juga dengan Presiden Clinton – bagi presiden untuk tidak mengomentari keputusan Fed tertentu, dan saya pikir itu membantu menopang independensi Fed dan kepercayaan publik bahwa Fed bertindak secara nonpolitik.Dan, seperti kata Ben, mencoba membuat penilaian terbaik untuk mengejar mandat kongresnya. Saya pikir itu jenis pengaturan terbaik untuk seorang presiden berhadapan dengan Fed. Jelas, presiden memiliki hak untuk mengomentari The Fed, tetapi saya akan khawatir jika itu berlanjut atau mengintensifkan bahwa itu dapat merusak kepercayaan pada Fed dan kepercayaan pasar terhadapjudgments yg dibuat  Fed.

Neil Irwin:

Anything to add, or you –

J Powell:

Tentu, tidak, saya – lihat, saya hanya ingin – saya ingin menambahkan sesuatu. Saya ingin mengatakan bahwa orang harus tahu bahwa The Fed memiliki budaya yang sangat kuat di sekitar aktivitas nonpolitis. Dan, Anda tahu, kami berkomitmen untuk mencapai tujuan yang diberikan hukum kepada kami. Dan kami berkomitmen untuk melakukannya dengan cara yang sepenuhnya nonpolitis berdasarkan pemikiran terbaik, berdasarkan keragaman perspektif, dan kami akan selalu melakukannya. Itu sangat banyak dalam DNA siapa pun yang menghabiskan waktu bekerja di The Fed. Jadi saya ingin publik diyakinkan bahwa kita memiliki budaya yang kuat. Itu bukan yang rapuh. Itu tidak terganggu. Kami akan selalu melakukan hal-hal seperti itu. Saya akan – saya akan, sekali lagi, ingin orang-orang memiliki kepercayaan akan hal itu.

Neil Irwin:

Mari kita bicara sedikit tentang jenis mekanisme kebijakan moneter. Dr. Bernanke, Anda telah menghabiskan karier akademis Anda dengan mencari cara-cara yang pada batas bawah seseorang dapat melonggarkan kebijakan moneter. Itu menjadi sangat nyata selama kepemimpinan Anda. Mengetahui apa yang Anda ketahui sekarang, apa yang mungkin Anda lakukan secara berbeda selama krisis keuangan? Seperti yang kita ketahui tentang berbagai alat ini – quantitative easing, forward guidance, credit easing (pelonggoran kredit) serta berbagai pendekatan yang Anda ambil – pelajaran apa yang telah kita pelajari tentang apa yang berhasil? Dan apa yang mungkin berguna jika kita menemukan diri kita dalam krisis lain –

bersambung

gandatmadi46@yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.