The Price of Capital Goods and the Threat to Investment

imf bLOGJuly 1, 2019

Selama tiga dekade terakhir, harga mesin dan peralatan telah turun tajam relatif terhadap harga keseluruhan. Peningkatan perdagangan dan peningkatan teknologi telah menyebabkan produksi barang modal lebih efisien. Ini telah membantu negara-negara di seluruh dunia meningkatkan real investment dan meningkatkan standar hidup.

Namun, ketegangan perdagangan dan pertumbuhan produktivitas yang lambat dapat memperlambat penurunan harga relatif dari  mesin dan peralatan, yang akan menahan pertumbuhan investasi di seluruh dunia.

Grafik kami minggu ini dari World Economic Outlook April menunjukkan bahwa sejak 1990, harga mesin dan peralatan relatif terhadap harga konsumsi turun sekitar 40 persen di pasar emerging market dan developing economies

Di negara maju, penurunan harga bahkan lebih tinggi — sekitar 60 persen. Ini adalah penurunan dramatis jika dibandingkan dengan harga jenis aset modal lainnya, seperti perumahan dan struktur komersial, yang lebih mendekati tingkat konsumsi harga.

real investmentMenurut penelitian IMF, perdagangan internasional telah menjadi faktor terbesar di balik penurunan harga mesin dan peralatan dibandingkan dengan harga konsumsi. Dan penurunan harga barang modal, pada gilirannya, memberikan dorongan yang cukup besar untuk investasi riil.

Analisis IMF mengungkapkan bahwa, untuk pasar emerging market dan developing economy , sekitar sepertiga dari kenaikan tingkat investasi riil dalam mesin dan peralatan dalam tiga dekade terakhir dapat dikaitkan dengan lebih murahnya barang-barang modal relatif terhadap konsumsi. Kebijakan makroekonomi yang lebih kuat dan faktor-faktor lain berkontribusi pada sisanya.

Untuk semua negara, menghindari tindakan proteksionis dan menghidupkan kembali liberalisasi perdagangan akan membantu menjaga laju penurunan harga relatif barang modal. Ini juga akan memberikan dorongan bagi pertumbuhan investasi yang kurang bersemangat di negara maju dan mendukung pendalaman modal yang masih sangat dibutuhkan di developing countries. Mempromosikan inovasi di sektor penghasil barang modal baik di pasar maju dan emerging market serta developing economies juga penting.

terjemahan bebas oleh gandatmadi46@yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.