Xi Jinping dengan pemikirannya mengenai Sosialisme dengan Karakteristik China untuk Era Baru

Kongres Partai Komunis China ke 19

Jabat tangan pertama yg diterima  Jiang Zemin, dari mantan pemimpin China berusia 91 tahun, yang langsung duduk di sebelah kiri Xi Jinping. Kemudian Xi, yang baru ditetapkan sebagai Presiden China selama lima tahun berikutnya, melangkah ke jajaran kader top yang duduk di atas panggung di Aula Rakyat Agung Beijing, menerima jabat tangan dan berbagi ucapan selamat pada puncak Kongres Partai Komunis China (PKC) ke-19 pada 24 Oktober 2017.

Meskipun dia menghormati Jiang, yang harus dibantu oleh dua orang pembantu untuk  berdiri tegak pada acara penutupan. Upacara hari Selasa adalah untuk Xi. Mengenai pemikiran Xi Jinping tentang Sosialisme dengan Karakteristik Tionghoa untuk Era Baru – anak berusia 64 tahun sekarang sejajar  dengan Mao Zedong dan Deng Xiaoping  sebagai pemimpin modern China yang paling kuat.

Pada tahun-tahun sejak Mao mendirikan Republik Rakyat Cina tahun 1949, tidak ada pemimpin lain sejak Great Helmsman atau Mao sendiri mendapat penghargaan dalam konstitusi saat masih hidup. (“Teori Deng Xiaoping” ditambahkan hanya sebagai penghargaan anumerta kepada arsitek kebangkitan ekonomi China.) Tapi Xi tidak hanya bersama Mao di Gunung Olympus – dia melakukannya pada saat China menawarkan ekonomi terbesar kedua di dunia dan berpengaruh luas di seluruh dunia.

Xi telah menggenjot pembangunan dan militerisasi pulau-pulau di Laut Cina Selatan dan membuka pangkalan militer China pertama di Djibouti. Belt and Road initiative – menghidupkan kembali Jalan Sutra kuno melalui jaringan perdagangan dan infrastruktur di Eurasia dan Afrika – juga ditambahkan dalam konstitusi pada hari Selasa itu, mengindikasikan hal ini menempati posisi sentral dalam pemikirannya.

Dalam negeri, Xi ingin lock in kampanye anti-korupsi, seperti memotong dengan pisau melalui korupsi dan kesalahan – dan mengalihkan perhatiannya pada reformasi ekonomi. Agar China bisa menghindari middle-income trap yang ditakuti, dia perlu memangkas sayap perusahaan milik negara raksasa tersebut, yang telah  membantu mendorong pertumbuhan China selama tiga dekade terakhir, namun berisiko menjadi penghalang mengejar tahap perkembangan selanjutnya.

Xi benar-benar sedikit mengalami masalah dalam hal reformasi ekonomi sejauh ini,” kata Bisley. “Tapi dengan menjadikan dirinya pusat kekuatan yang tak tertandingi, dia punya platform yang lebih baik untuk melakukan beberapa  reformasi.

Satu nama yang tidak akan hadir adalah Wang Qishan, petugas Xi yang memimpin pembersihan anti-korupsinya yang tidak berhasil masuk ke Komite Pusat PKC. Usia 69, Wang adalah satu tahun di atas batas usia tidak resmi untuk anggota PSC, namun banyak yang percaya Xi yang apik akan melanggar konvensi untuk menjaga sekutu kuatnya di sisinya.

Kongres Nasional ke-19 memilih Komite Sentral baru dan Komisi Pusat untuk Inspeksi Disiplin yang baru. Kongres Nasional ke-19 menekankan, melalui amandemen konstitusi partai, kebutuhan untuk memperkuat sosialisme dengan karakteristik China, pembekalan partai, rule of law menurut paham sosialis dan untuk mencapai tujuan ekonomi yang ditetapkan pada kongres partai sebelumnya.

Proses penyusunan Laporan Komite Sentral ke 18 dimulai pada pertengahan hingga akhir 2016, mungkin sebelum Sidang Pleno ke-6 menurut Alice Miller. Prosedur normal adalah bahwa Politbiro yang duduk menunjuk komite drafting yang bertanggung jawab untuk meneliti topik utama dan dapat membentuk tim peneliti. Laporan Draft dikirim ke kelompok partai, seperti organisasi partai provinsi, ke institusi pemerintah, Tentara Pembebasan Rakyat dan organisasi massa yg terpilih.  Sementara itu komite drafting berkonsultasi dengan pakar terkemuka. Sidang Paripurna ke 6 dari Komite Pusat 18, pada 24-27 Oktober 2016, dalam komunike menyatakan bahwa Kongres Nasional ke-19 akan diadakan di Beijing pada paruh kedua tahun 2017. Proses perumusan dilanjutkan setelah Sidang Paripurna ke 6, dan pada musim panas 2017, forum untuk anggota partai dan non-partai di Beijing didirikan untuk meninjau draf laporan tersebut. Dalam prosesnya, pensiunan sesepuh partai dikonsultasikan.

Kongres telah memilih badan-badan utama partai tersebut, termasuk Politbiro beranggota 25 orang, Tujuh anggota Komite Tetap Politbiro, dan Komisi Sentral untuk Inspeksi Disiplin, Organ disiplin internal yang aktif  sejak tahun 2012. Juga memilih anggota baru Komisi Militer Pusat yg jumlahnya diperkecil.

Seperti yang diharapkan, Xi Jinping telah memperbarui masa jabatannya sebagai Sekretaris Jenderal Partai Komunis, posisi puncak partai secara de facto. Sebelum kongres, spekulasi mengenai apakah salah satu pejabat muda sudah berada di Politbiro, seperti kepala partai Guangdong Hu Chunhua atau kepala partai Chongqing Sun Zhengcai, akan diangkat ke Komite Tetap Politbiro, badan pembuat keputusan partai tersebut, dalam persiapan karena mereka menganggap keseluruhan kepemimpinan partai pada tahun 2022. Namun, pada bulan Juli 2017, Sun secara tiba-tiba dikeluarkan dari jabatannya dan kemudian dikeluarkan dari partai tersebut, mengacaukan keseimbangan yang telah diselaraskan dengan cermat sebelum pembukaan kongres.

Komite Tetap Politbiro secara tradisional dianggap memegang kekuasaan tertinggi di Partai Komunis. Sejak tahun 2002, seleksi keanggotaannya semakin dilembagakan. Usia, khususnya, berperan penting. Dimulai dengan Kongres Partai ke-16 tahun 2002, semua anggota komite tetap yang telah mencapai usia 68 di tahun kongres pensiun. Tidak ada yang melanggar konvensi ini sejak 2002, dan ini tetap tidak berubah setelah kongres partai ke-19. Lima dari tujuh anggota Komite Tetap Politbiro ke-18 menyerahkan kursi mereka di Kongres (tahun kelahiran dalam tanda kurung): Zhang Dejiang (1946), Yu Zhengsheng (1945), Liu Yunshan (1947), Wang Qishan (1948) dan Zhang Gaoli (1946).

Ada banyak spekulasi sebelum Kongres mengenai nasib Wang Qishan, kepala anti-korupsi, yang pada usia 69 tahun pada saat Kongres biasanya dianggap terlalu tua untuk tetap tinggal. Ada kabarnya ada panggilan keluar dari dalam partai karena ada pengecualian khusus untuk Wang. Pada akhirnya, Wang tidak tampil dalam kepemimpinan baru partai tersebut. Kemungkinan karena ucapannya kepada wartawan yg tidak berkenan bagi Penguasa.

Xi dan Li Keqiang diperpanjang masa jabatan di Politbiro Standing Committee; lima anggota baru bergabung, tercantum di bawah ini dalam urutan peringkat. Kabarnya Li Keqiang akan dicopot karena kinerja sebagai Perdana Menteri. Yang akan mendampingi mereka tampil kedepan adalah :

Li Zhanshu (lahir 1950) – dipandang sebagai seorang kepercayaan utama Xi, menjabat dari kepala Kantor Umum langsung ke pos nomor tiga di partai tersebut, kemungkinan akan mengambil alih jabatan Ketua Komite Tetap Rakyat Nasional, legislator utama negara tersebut.
Wang Yang (lahir 1955) – mantan ketua partai di provinsi Chongqing dan Guangdong; Anggota Politbiro sejak 2007; dipandang sebagai salah satu anggota ‘elit’ yang lebih ‘liberal’; berspekulasi sebagai calon panitia ke 18 namun akhirnya tidak berhasil.

Wang Huning (lahir 1955) – tokoh utama yang bertanggung jawab atas teori dan ideologi di Partai Komunis. Zhao Leji (lahir 1957) – kepala Departemen Organisasi; Zhao mengambil alih kendali di Komisi Pusat untuk Inspeksi Disiplin.  Han Zheng (lahir 1954) – ketua partai Shanghai; umumnya dilihat sebagai memiliki catatan teknokratis yang kuat.

Dengan tidak ada generasi muda di Politbiro Standing Committee beberapa pengamat berspekulasi Xi Jinping akan tetap pada posisi pada periode berikutnya, dengan amandemen konstitusi tentunya.

Ekonomi

Ekonomi pasar sosialis China adalah ekonomi terbesar kedua di dunia dengan GDP nominal dan ekonomi terbesar di dunia GDP PPP  menurut IMF, walaupun Biro Statistik Nasional China membantahnya klaim tersebut. Sampai tahun 2015, China adalah negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia, dengan tingkat pertumbuhan rata-rata 10% selama 30 tahun. Menurut fakta sejarah dan politik kemajuan ekonomi China, sektor publik China menyumbang sebagian besar ekonomi nasional daripada sektor privat yang juga sedang berkembang. Pada basis pendapatan per kapita, China berada di urutan ke 71 berdasarkan GDP (nominal) dan 78 oleh GDP (PPP) pada 2016, menurut Dana Moneter Internasional (IMF). Negara ini memiliki sumber daya alam senilai $ 23 triliun, 90% di antaranya adalah batubara dan metal yg langka.

China adalah pusat global untuk manufaktur dan merupakan ekonomi manufaktur terbesar di dunia dan juga sebagai pengekspor barang terbesar di dunia. China juga merupakan pasar konsumen dengan pertumbuhan tercepat di dunia dan pengimpor barang terbesar kedua di dunia. Cina adalah net  importir  produk jasa ( sevices )  . Pada 2016, China adalah negara perdagangan terbesar kedua di dunia dan memainkan peran penting dalam perdagangan internasional serta telah semakin terlibat dalam organisasi perdagangan dan perjanjian dalam beberapa tahun terakhir. China menjadi anggota Organisasi Perdagangan Dunia pada tahun 2001. China juga memiliki perjanjian perdagangan bebas dengan beberapa negara, termasuk ASEAN, Australia, Selandia Baru, Pakistan, Korea Selatan dan Swiss. Provinsi-provinsi di wilayah pesisir China cenderung lebih banyak industri, sementara daerah-daerah pedalaman kurang berkembang. Seiring kepentingan ekonomi China juga memperhatikan struktur dan kesehatan ekonomi.

Untuk menghindari biaya sosial ekonomi jangka panjang akibat pencemaran lingkungan di China, telah disarankan oleh Nicholas Stern dan Fergus Green dari Grantham Research Institute on Climate Change and the Environment untuk menggeser ke advanced industrial development berbasis high-tech, emisi karbon yg rendah melakukan alokasi sumber daya nasional yang lebih baik untuk inovasi dan litbang menuju pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan guna mengurangi dampak industri berat China. Hal ini sesuai dengan tujuan perencanaan pemerintah pusat. Mimpi China Xi Jinping digambarkan mencapai Two 100s tujuan material China menjadi masyarakat yang cukup kaya pada tahun 2021, peringatan 100 tahun Partai Komunis China dan tujuan modernisasi China menjadi negara yang sepenuhnya berkembang pada tahun 2049, 100 tahun berdirinya Republik Rakyat.

Internasionalisasi ekonomi China terus mempengaruhi perkiraan ekonomi standar yang diluncurkan secara resmi di China oleh Purchasing Managers Index pada tahun 2005. Pada tahun 2009, China menjadi satu-satunya negara Asia yang memiliki GDP di atas angka $ 10 triliun (bersama dengan Amerika Serikat dan Uni Eropa). Pada akhir 2015, China menjadi negara pertama di dunia yang memiliki GDP di atas angka $ 20 triliun, menggandakan keseluruhan outputnya dalam waktu tercepat (enam tahun). Seiring pertumbuhan ekonomi China, demikian pula Renminbi ( mata uang China ) , yang mengalami proses yang dibutuhkan untuk internasionalisasi tersebut. China memprakarsai berdirinya Asian Infrastructure Investment Bank pada tahun 2015.

GDP China GrowthGDP per Capita ChinaEcon PrimacyChina Gov SpendingChina Consumer Exp

 Mengapa pertumbuhan ekonomi China  pada kisaran 5%?

Mengapa pertumbuhan ekonomi China  pada kisaran 5% bahkan lebih kecil? Terdapat sejumlah alasan mengenai hal itu: Pertama karena China sejak beberapa tahun lebih fokus kepada perbaikan ekonomi negaranya – pro poor dengan mengurangi pertumbuhan yg pernah mencapai diatas 10%. Perubahan sasaran ini membutuhkan dana yang besar, pembangunan dibiayai oleh kredit akibatnya Corporate Debt pada 2016 mencapai 170%.

Credit Rating Moody menurunkan peringkat China pada May 2017, mempringatkan negara ini tentang kesehatan keuangannya akibat dari meningkatnya utang dan melambannya pertumbuhan.  Kuatir mengenai tingkat utang IMF menekan Beijing agar menangani dengan serius. Fix the problems now but not too hard. Beberapa ekonom mendukung pendirian tersebut, dengan alasan bahwa dengan bergerak terlalu cepat, pihak berwenang China dapat memicu krisis keuangan. Itulah alasan mengapa China memilih tumbuh pada kisaran 5%.

Berkurangnya angka pertumbuhan China yg memiliki GNP PPP $ 23.2 Trillion dan GNP Nominal 11.8 Trillion pada 2017 otomatis berpengaruh terhadap dunia internasional. Akibatnya pertumbuhan negara2 maju pada kisaran 2% dan negara2 berkembang pada kisaran 5% atau populer dengan istilah New Normal.

Dikumpulkan oleh gandatmadi46@yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.