The Invisible Government ( 1 )

Buku dengan judul The Invisible Government ditulis oleh dua orang:

Pertama oleh Howard Drummond Smoot,  atau populer dengan Dan Smoot (1913 – 2003 ) , a Federal Bureau of Investigation agent and a conservative political activist. From 1957 to 1971, he published The Dan Smoot Report, which chronicled alleged communist infiltration in various sectors of American government and society.

Kedua oleh David Wise dibantu oleh Thomas Ross.

Keduanya terbit pada tahun 1964 tetapi kali ini saya memilih meringkas tulisan David Wise.

Gmb The IG - 1by

David Wise & Thomas Ross

David Wise (born 1930) is an American journalist and author who worked for the New York Herald-Tribune in the 1950s and 1960s, and published a series of non-fiction books on espionage and US politics as well as several spy novels. His book The Politics of Lying: Government Deception, Secrecy, and Power (1973) won the George Polk Award (Book category, 1973), and the George Orwell Award (1975).

Table of Contents

Gmb Content -1Gmb Content-2

The Invisible Government

Hari ini terdapat dua pemerintahan di US, pertama yg nyata atau formal atau visible. Yang lain invisible atau yg informal. Yang pertama seperti yang masyarakat baca di surat kabar dan murid pelajari di mata pelajaran civic. Yang kedua berupa keterikatan, terpautan, interlocking, mesin yg tersembunyi yg mengemban kebijakan US di era perang dingin.

Yang kedua, mengumpulkan informasi intelligence, melakukan spionase, perencanaan dan melaksanakan operasi rahasia di seluruh dunia. The Invisible government bukan institusi formal. Suatu grup individu dan agen yg lepas ( Loose ), tak berbentuk ( amorphous ) diambil dari sejumlah bagian pemerintahan visible. Tidak terbatas kepada CIA ( Central IntelligenceAgency ) meski CIA sebagai jantungnya. Juga tidak terbatas kepada sembilan agen lainnya yg populer disebut masyarakat intel: the National Security Council, the Defense Intelligence Agency, the National Security Agency, Army Intelligence, Navy Intelligence, Air Force Intelligence, the State Department’s Bureau of  Intelligence and Research, the Atomic Energy Commission dan the Federal Bureau of Investigation. Selain itu the invisible government melibatkan  juga beberapa unit dan agen, termasuk individu2, yg tampil secara fisik selayaknya bagian normal dari sistem pemerintahan konvensional.  Juga meliputi perusahaan bisnis dan institusi yg terlihat privat.

Pemerintahan bayangan atau the shadow government membentuk kehidupan 190 juta rakyat US. Keputusan penting mengenai perdamaian dan perang dibuat diluar pengetahuan rakyat.  Masyarakat maklum menduga jika kebijakan luar negeri sering dilakukan terbuka disatu sisi sedangkan yang rahasia punya arah yang berbeda.  The Invisible Government ini suatu institusi baru. Lahir oleh dua faktor yang terkait: Paska perang dunia ke2 menciptakan US sebagai negeri adi jaya, dan ditantang oleh negara Komunis Sovyet.

Tantangan ini sangat serius melebihi tantangan2 yang pernah dialami sebelumnya. Strategi Sovyet mengancam kelangsungan negara US, menjalankan jaringan spinonase dengan tujuan melakukan subversi terhadap kekuatan dan idialisme US. Menghadapi tantangan itu pihak US membangun sistem intelligence dan spinonasi khusus. Langkah2 ini menjadi jamur tumbuhnya kegiatan2 extraordinary proportion diluar pengetahuan publik dan terpisah dari proses politik tradisionil.

By 1964 the intelligence network had grown into a massive, hidden apparatus, secretly employing about 200,000 persons and spending several billion dollars a year. “The Nationa1 Security Act of 1947,” in the words of Allen W. Dulles, “. . . has given Intelligence a more influential position in our government than Intelligence enjoys in any other government of the world.”

Note:

Allen W Dulles seorang diplomat dan lawyer, orang sipil pertama menjabat sebagai Direktur CIA serta mengabdi paling lama di CIA. Allen Dules adalah saudara kandung John Foster Dulles, secretary of state diera President Eisenhower.
Allen W Dulles menjabat sebagai Direktur CIA di pemerintahan President Eisenhower dan President JF Kennedy. Oleh Presiden Johnson ditunjuk menjadi anggota tim investigasi tewasnya JF Kennedy, pengangkatan ini dikritisi bukankah dia dipecat oleh JFK.  Allen W Dulles sudah aktif dibidang spinoase sebelum meletus perang dunia ke 2 dan menempati sejumlah posisi di Eropa. Lulusan Princenton meninggal dunia di tahun 1969  pada usai 75 tahun.  Karya tulisnya yg terkenal adalah Great True Stories, 1968.

foto JFK dng DullesKennedy presents the National Security Medal to Dulles, November 28, 1961.

The next day, November 29, the White House released a resignation letter signed by Dulles

Terlepas dari alasan terbentuknya The Invisible Gowernment, oleh karena skala aktivitas masif dan kerahasia-annya pervasif menuai banyak kritikan termasuk ex President Truman ( penerus President FD Rosevelt ).  Lingkup sasarannya merambah kebijakan luar negeri, campur tangan urusan negara lain tanpa kewenangan President.

Rakyat Amerika tidak dalam posisi mampu menilai tuduhan itu. Mereka tidak bisa melihat mengenai The Invisible Government. Peranan tugasnya bersifat rahasia. Aktivitasnya top-secret. Anggarannya disembunyikan dalam alokasi lain. Kongres memberikan uang untuk The Invisible Government tanpa mengetahui apakah sudah sesuai dan  bagaimana membelanjakannya. Segelintir anggota Kongres diduga mengetahui tetapi relatif kecil yg diketahui bagaimana  The Invisible Government bekerja.

Di manca negara, para penanam modal, para duta besar seharusnya bertindak sebagai wakil yg terhormat dari Presiden. Diceritakan mereka mengawasi para agen dari The Invisible Government. Apakah begitu? Para Agen ( rahasia ) menjaga komunikasi dan kode mereka sendiri. Otoritas para Dubes dinilai oleh Senat sebagai polite fiction

Didalam negeri para intel di arahkan oleh undang2 supaya menyerahkan kepada FBI. Namun CIA mengasuh banyak kantor2 di kota2 besar; terlibat luas dan dalam setiap aktivitas domistik, dari stasiun pemancar dan perusahaan perkapalan sampai Universtas.

The Invisible Government dikira dibawah pengawasan langsung The National Security Council ( Dewan Keamanan Nasional ). Tetapi, fakta banyak keputusan penting tidak pernah dibahas di  situ.  Keputusan ditangani oleh segelintir direktorat yg namanya disebut hanya berupa bisikan. Berapa banyak rakyat Amerika pernah mendengar Special Group ini ? ( juga dikenal sebagai 54/12 Group ). Nama group ini, meskipun diakui keberadaannya, tidak diketahui diluar bagian terdalam ( is unknown  outside the innermost circle  ) dari The Invisible Government.

Wapres menurut UU adalah anggota dari The National Security Council, tetapi Wapres tidak berpartisipasi dalam diskusi di Special Group. Sebagai Wapres Lyndon B. Johnson secara pribadi lebih mengetahui rahasia2 pemerintahan dibandingkan dengan Wapres2 sebelumnya. Namun dia tidak benar2 terlibat dalam The Invisible Government sampai disumpah sebagai Presiden ke 36.

Pada tanggal 23 November 1963 dihari pertama President Johnson dibawa keliling McGeorge  Bundy – yg ditunjuk President Kennedy melakukan personal link dengan Special Group – menuju Situation Room,  pos komando terlarang yang berada di basement White House. Disitu penuh dengan peta top-secret, peralatan elektronik dan alat2 komunikasi. Presiden baru ini diberi  pengarahan oleh The Head of the Invisible Government, John Alex McCone. Direktur CIA sekaligus anggota dari Special Group. Meskipun Johnson kenal dengan siapa2 yang menjalankan The Invisible Government dan paham kerja mereka,  namun tidak mengetahui the full scope organisasi tersebut dan kerahasiaannya sampai pagi itu.

Buku ini mencoba, terikat dengan keamanan nasional, membeberkan the nature, size and power of the Invisible Government. Tidak bertujuan untuk expose, meskipun banyak materi2 yang belum pernah dicetak dimana saja sebelumnya. It is an attempt to describe a hidden American institution which the American people, who finance it, have a right to know about.

Buku ini berbasis bahwa selama peristiwa di era perang dingin, pemerintah US harus bersandar kepada perestujuan pemerintah seperti yg dikatakan the Declaration of Independence. Tidak ada persetujuan yg disetujui oleh siapapun yg memerintah,  yg tidak tahu apa yg mereka setujui.

Dalam kondisi yg keras di pertengahan abad ke 20, pemimpin dari negara2 di dunia merasa bahwa keputusan2 tertentu harus dibuat sendiri tanpa persetujuan populer, secara rahasia, jika ingin negaranya survive. Wilayah rahasia ini berkembang dengan cepat. Cakupan yg ditangani The Invisible Government meluas secara proporsional.

Sejauh mana The Secret Government ini kompatibel dengan sistem Amerika, atau perlu kah dilestarikan? Akankah secara bertahap mengubah karakter institusi yang ingin dilestarikannya? Jika rakyat Amerika mencoba menjawab pertanyaan2 tersebut, pertama mereka harus meningkatkan pengetahuan mereka mengenai secret government.

“I know no safe depository of the ultimate powers of the society but the people themselves,” said  Thomas Jefferson, “and if we think them not enlightened enough to exercise their control with a wholesome  discretion, the remedy is not to take it from them, but to inform their discretion.”

Buku ini merupakan satu usaha memberikan informasi itu kepada rakyat Amerika.  Melacak sejarah dari The Invisible Government: Bagaimana di ciptakan oleh President Truman dan bagaimana berfungsi dibawah President Eisenhower, President Kennedy dan President Johnson.  Mengungkapkan bagaimana The Invisible Government dikendalikan  di Washington DC kemudian memperluas dan mengkonsolidasikan kekuatannya, bagaimana operasi di seberang lautan dalam usaha memperkuat atau memperlemah negara asing. Diluar sekedar mengumpulkan intelligence, the secet government terlibat dalam special operations,  mencakup political warfare sampai ke pengerahan para militer dan invasi full-scale.

Dalam kondisi tertentu, serta terbatas, terkendali, suatu operasi spesial kadang2 terbukti diperlukan. Namun lantas tidak menjadi tidak terkendali, tidak dapat didamaikan dengan masyarakat yg meluncurkan mereka.  (  (difficult to carry or move because of its size, shape, or weight.the first mechanical clocks were large and unwieldy ) . Jika itu terjadi, hasilnya bencana.  Hal itu tepat jika dipilih sebagai ilustrasi tiada lain selain  Cuba. Oleh karena telah melewati sejarah dan juga menjadi bukti bagaimana The Invisible Government bekerja, kita akan memulai dengan cerita Bay of Pigs.

gandatmadi46@yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.