Mitos atau Realita

Myth or truthMitos adalah sesuatu ( cerita ) yang dipercaya  meskipun tanpa  didukung suatu fakta. Mitos dapat juga suatu cerita yg menjelaskan mengapa sesuatu itu exist. Masyarakat akan marah jika yang dipercaya itu disebut mitos.  Because of this popular and subjective word usage, many people take offense when the narratives they believe to be true are called myths.

Prof Ben White awalnya mengharapkan bahwa  perundangan pedesaan yg baru  menegakkan prinsip  demokrasi partisipatoris  di seluruh 73 000 desa di Indonesia.  Namun setelah melakukan pendalaman  perundangan undangan di pedesaan tidak berubah atau sama ketika di era Orba, bahkan dalam beberapa hal menurun . Demikian Prof Ben White dalam tulisannya  “ The myth of the harmonious village “

Ben White,  Profesor of Rural Sociology  pada International Institute of Social Studies, The Hague sejak tahun 1970  terlibat dalam banyak resit di rural Indonesia khususnya mengenai perubahan atas pemilikan tanah, hubungan pertanian dan lapangan kerja, dan antropologi serta sejarah masa kecil dan muda.

Ethniq Inequality & Growth in Indonesia under the New Order karya Yoseph Choi dan KC Roy, University of Queensland  menulis bahwa Riot May 1997 terhadap suku China dipicu oleh pendapat  masyarakat luas  yg percaya karena terdapat gap  ekonomi antara China Indonesia dan Pribumi.   Terdapat gap ekonomi itu suatu mitos apa realitas?

Economic gap Inonesian ChineseTernyata apa yg ditulis oleh Backman  tidak didukung oleh data yang solid.

 

Mohon pendapat Ibu dan Bapak sekalian apakah yang nara sumber,  sampaikan  berdasarkan mitos atau fakta dari hasil suatu penelitian atau alasan lainnya.

gandatmadi46@yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.