Mengenang Prof Dr Arnold Heertje, member of The Royal Academy of Sciences

 

heertjeWhere that poverty actually came from?

Profesor Arnold Heertje selama pendudukan Nazi dalam WW-II disembunyikan oleh keluarga Belanda agar terhindar dari kejaran terhadap keturunan Yahudi. Arnold muda, 8 tahun ditolong keluarga miskin di wilayah miskin. Pengalaman tersebut membuat Arnold bertanya, where that poverty actually came from. Keinginan itu mendorong dia sekolah ekonomi.

Dalam bukunya Echte Economie atau Real Economy menulis:

Konsep kemakmuran adalah tersedianya lingkungan hidup yg sehat, udara segar , bersih dan hening. Jika untuk memenuhi kebutuhan tersebut melibatkan sumber daya yg langka seperti biasanya  maka yg menjadi pedoman kemakmuran bukan  objective measure yg didorong oleh ekonomi tetapi perasaan rakyat.

Jika orang menemukan bahwa kemakmuran mereka terpengaruh oleh kebisingan di Schiphol, inilah titik  bawah kemakmuran ini, aspek ini juga harus dipahami. Pendekatan berbasis kemakmuran terhadap standar kebisingan untuk Schiphol. yang hanya mencakup aspek keuangan, seperti harga rumah, tidak pantas memakai nama kemakmuran yg dimaksud.

Studi mengenai Kebisingan Schiphol, lebih cocok disebut sebagai pendekatan keuangan. Para penulis, semua ekonom, tidak mengetahui bahwa nature atau kodrat  dari studi mereka terbatas (PPB, 2006, nomor 116). Di sisi lain, ada penulis yang berbicara mengenai subjek survei Happiness (Van Praag dan Baarsman, 2005).

Apakah mungkin ekonomi ilmu kebahagiaan bukan uang ? Jawaban atas pertanyaan ini relatif sederhana. Begitu pencapaian kebahagiaan manusia memerlukan perebutan sumber daya yang langka, maka ilmu  ekonomi mulai berperan. Tapi ini tentu bukan untuk semua kebahagiaan manusia. Sebagai contoh kebahagian dalam perkawinan.

surat kpd GG

Dalam bukunya De Kern Van De Economie memperinci arti kelangkaan atau scarcity supaya dibedakan dengan jarang , zeldzaam atau rare. Eksistensi dari kelangkaan tidak cukup memiliki basis didalam ilmu ekonomi. Jika daging sapi tidak ada di pasar disebabkan problem transportasi dapatkah konsumen memilih makan daging ayam. Dengan demikian tidak adanya daging sapi tidak bisa disebut langka.

Lahan kosong yg terlantar dapat dipakai untuk membangun perumahan, untuk rekreasi, untuk budidaya ikan. Dengan demikian kelangkaan sesungguhnya adalah hasil dari proses memilih. Adalah tugas ilmu ekonomi untuk menjelaskan kemudian memilih alternatif terbaik.

Riwayat Hidup

Arnold Heertje (kelahiran di Arnhem pada tgl 19 Februari 1934, meninggal 4 April 2020) adalah seorang ekonom, Profesor Emeritus di Universitas Amsterdam, penulis dan kolumnis Belanda. Ia menjadi terkenal karena penentangannya terhadap Betuweroute.

Dari 1951 sampai 1956 Heertje mempelajari ekonomi di Universitas Amsterdam (UvA), dan meraih gelar cum laude MA-nya. Di universitas yang sama, ia mendapatkan gelar dokterandesnya pada 1960 untuk tesisnya yang berjudul “teori rempah-rempah dari oligopoli“. Pada 1958 ia mulai mengajar di seluruh Lyceum Maimonides Yahudi di Amsterdam, dan melanjutkannya sampai 1968. Pada 1963 dan 1964 ia mengajar di Lyceum Baarnsch di Baarn.

Pada 1962 Heertje menjadi dikenal karena bukunya De kern van de economie. Buku tersebut terjual ratusan ribu salinan, dan edisi-edisi barunya tetap dicetak.

Dari 1964 sampai 1999 ia menjadi Profesor Ekonomi Politik di Fakultas Hukum Universitas Amsterdam, dan dari 1997 sampai 2006 ia menjadi Profesor dalam bidang Sejarah Ilmu Pengetahuan Ekonomi. Ia pensiun dari Universitas Amsterdam pada 3 Mei 2006, dimana ia mengajar selama lebih dari empat puluh tahun. Pada 1999, ia masih mengajar di Gimnasium Vossius di Amsterdam. Heertje adalah anggota dari Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Belanda.

Arnold Heertje telah menikah, memiliki tiga putra, Eric (1960), Raoul (1963) dan Patrick (1965-1991), dan tiga cucu. Seperti putranya, komedian Raoul Heertje, ia menulis kolumn-kolumn untuk surat kabar Het Parool. Beberapa dari kolumn tersebut dikumpulkan dalam bukunya De vierkante waarheid (The square truth).

gandatmadi46@yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.