Mampukah memproduksi mesin tipe Internal Combustion Engine (ICE)?

Kemampuan memproduksi mesin, internal combustion engine (ICE) maupun external combustion engine (ECI) menjadikan suatu negara memiliki modal menuju industrialisasi. Selama ini Indonesia dikenal sebagai negara substitute import sehingga menjadi tidak mandiri untuk memenuhi kebutuhan rakyat.

ICE

Internal Combustion Engine (ICE) adalah sebuah mesin yang sumber tenaganya berasal dari pengembangan gas-gas panas bertekanan tinggi hasil pembakaran campuran bahan bakar dan udara, yang berlangsung di dalam ruang tertutup dalam mesin, yang disebut ruang bakar (combustion chamber).

 Yang termasuk dalam mesin ICE adalah mesin empat tak dan mesin dua tak, dan beberapa tipe mesin lainnya, misalnya mesin enam tak dan juga mesin wankel. Selain itu, mesin jet dan beberapa mesin roket termasuk dalam mesin ICE.

ACE

Mesin ICE dengan ACE (contohnya mesin uap dan mesin Stirling), karena energinya tidak disalurkan ke fluida kerja yang tidak bercampur dengan hasil pembakaran. Fluida kerja ini dapat berupa udara, air panas, air bertekanan, atau cairan natrium yang dipanaskan di semacam boiler.

Sebuah mesin piston bekerja dengan membakar bahan bakar hidrokarbon atau hidrogen untuk menekan sebuah piston, sedangkan sebuah mesin jet bekerja dengan panas pembakaran yang mendorong bagian dalam nozzle dan ruang pembakaran, sehingga mendorong mesin ke depan.

Mesin pembakaran dalam ditemukan di Cina, dengan penemuan kembang api pada Dinasti Song. Mesin pembakaran dalam resiprokat (mesin piston) ditemukan oleh Samuel Morey yang menerima paten.

Untuk pengertian mesin 4 tak adalah sebuah mesin yang dimana bekerja menghasilkan tenaga dengan memerlukan 4 proses langkah naik turun piston , dua kali rotasi kruk as dan satu putaran noken as (camshaft). Atau bisa juga dinamakan mesin 4 tak yaitu karena dalam satu proses kerjannya mesin motor tersebut membutuhkan 4 langkah kerja untuk satu kali proses. 1. Langkah Hisap 2. Langkah Kompresi 3. Langkah Usaha 4. Langkah Buang

Membuat blok mesin

blok mesinblok mesin hasil pengecoran

flywheelhasil pengecoran

teknik ngecorpengecoran

note: mohon click artikel Industri Logam Kabupaten Tegal

Menjawab pertanyaan, Mampukah memproduksi mesin tipe Internal Combustion Engine (ICE)? Tentunya kita mampu

gandatmadi46@yahoo.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.