Apa kata Amien Rais ?

Sejak Jokowi dilantik menjadi Presiden, ia menganggap kebijakan Jokowi banyak yang terasa kurang simpatik pada sebagian kalangan umat Islam. Amien menilai, Jokowi telah membiarkan adanya usaha-usaha untuk melakukan kriminalisasi terhadap para ulama sebagai rujukan umat. Padahal, ulama itu tempat mencari penerangan dan kesejukan buat umat Islam.

Fakta

Maret 2017 kemarin Jokowi mengunjungi salah satu pesantren tertua di Sumatera Utara yang sudah berusia 101 tahun, Pondok Pesantren Mustafawiyah, di Maindailing Natal. Presiden Jokowi juga beberapa kali mengunjungi Pesantren Sunan Gunung Jati di Pekalongan yang dipimpin oleh ulama ternama Habib Luthfi bin Yahya.

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin menyatakan Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah serta pemerintah sepakat tidak akan memberikan toleransi kepada siapa pun yang memecah belah bangsa. KH Ma’ruf Amin mengatakan, pertemuan antara MUI, NU dan Muhammadiyah dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mempererat hubungan antara ulama dan pemerintah. “Beliau mengajak kita untuk menjaga NKRI, kesatuan dan persatuan bangsa,” kata KH Ma’ruf Amin saat jumpa pers di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (1/11/2016).

Fakta

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengungkapkan dana Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) atau dana haji yang disetorkan calon jemaah haji Indonesia saat mendaftar, disimpan pada tiga instrumen keuangan. Ketiga intrumen itu adalah Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), Surat Utang Negara (SUN), dan Deposito Berjangka.

Berdasarkan keterangan Direktur Pengelolaan Dana Haji Ramadan Harisman, sampai dengan 31 Desember 2016, penempatan dana haji di SBSN sebesar Rp35,65 trilyun; deposito berjangka syariah sebesar Rp54,57 trilyun, dan Surat Utang Negara (SUN) sebesar US$10.000,-.

Amien ingin Jokowi mengakhiri penjajahan ekonomi asing di Blok Mahakam dan Freeport-McMoran.

Fakta

Total ( Perancis ) sudah mengirim surat ke pemerintah yang berisi pengajuan berpartisipasi kembali dalam mengelola Blok Mahakam setelah habis kontrak pada Desember 2017. Saat ini sedang dilakukan pengukuran nilai (valuasi) saham yang akan dilepas ke perusahaan minyak dan gas bumi (migas) asal Prancis tersebut, agar harga yang ditawarkan sesuai dengan harga pasar. Sedang kita valuasi. Sesuai dengan valuasi lapangan tersebut. Kalau 30 persen berapa, 39 persen berapa, harus sesuai dengan market value.

Freeport menyetujui untuk mendivestasikan 51% sahamnya kepada negara dan siap merealisasikan pembangunan fasilitas pengembangan dan pemurnian (smelter) dalam waktu 5 tahun. Tiap 6 bulan dievaluasi,” tutur Luhut, di Gedung Sasana Kriya, TMII, Jakarta, Kamis (4/5/2017).

Agresivitas RRC di Laut Cina Selatan  mendapat respon langsung Jokowi

Natuna yang terletak di LCT Pemerintah RI sudah bersiap membangun Pusat Armada dengan anggaran rp 400 milyar yang diharapkan rampung pada tahun 2019. Pusat Armada Natuna memungkinkan berlabuhnya armada negara2 sahabat jika pecah konflik dengan negara lain. Tersedia sarana Radar yang mampu memantau wilayah seluruh Kalbar, Lapung, Bengkulu, LCT setiap gerakan baik armada laut maupun pergerakan pesawat udara.

Sudah tersedia 1 brigade kombatan gabungan yang terdiri dari 1 batalyon raider, 1 batalyon arhanud, 1 skuadron Penerbad, 1 batalyon marinir dan 1 batalyon paskhas berikut sejumlah alutsista yang menyertainya. Ada Oerlikon Skyshield, ada Pantsir-S1, ada AH-64E Apache, ada Mi-35P, ada MLRS Astross II, ada UAV dan seterusnya. Tidak tertutup kemungkinan penyediaan tempat bagi sarana labuh dan bekal ulang beberapa kapal perang dan jet tempur negara lain seperti AS dan Australia

foto Jkw di NatunaPresiden Jokowi di atas kapal perang RI di Natuna

Amien mengkritik Jokowi, agar rezimnya tidak mudah menciduk orang-orang tertentu yang dalam pandangannya berbahaya, dengan tuduhan makar.  Amien mengingatkan Jokowi, agar jangan pernah menganggap enteng kedaulatan rakyat. Menurutnya, kata “gebuk” harusnya tidak boleh lagi keluar dari lisan seorang Presiden.

Fakta

Ketua Panja DPR tentang RUU Terorisme, M Syafii ( dari Gerindra )  menjelaskan perkembangan terakhir  rapat Panja DPR  dengan pihak Pemerintah. Pembahasan  mengalami kemajuan pesat yang melegakan bahwa Terorisme merupakan extraordinary crime sama dengan  pidana korupsi dan pidana narkoba. Jika pidana korupsi kita memiliki KPK, pidana narkoba  ditangani BNN maka  terorisme ditangani BNPT. Mengenai hal yang sebelumnya crucial tentang peran TNI bukan lagi  karena diatur sendiri oleh BNPT.

Dengan demikian penanganan terorisme dan makar menurut aturan hukum yang independen o leh karena RI adalah negara hukum.

Independensi Parpol

Introspeksi

Sebaiknya kita menunggu tetapi mengawal proses hukum soal Alkes dan menghindari analisa2 yang tidak berdasar.

Jika kita cermati hal2 yang dituduhkan Amien Rais kepada Presiden Jokowi seperti uraian diatas tidak didukung fakta yg kuat ,  semoga apa yang dialami Amien Rais soal aliran dana Alkes menjadi pelajaran yang berharga bukan hanya untuk Amien Rais tetapi  bagi kita semua.

The truth, the whole truth, and nothing but the truth”. It is not without reason that that is the basis of a legal oath. This is because the truth can be distorted by only reporting some of the facts; and by giving misleading indications or innuendos about how to interpret these facts. Sometimes the truth can be used to give legitimacy to lies.

diambil dari berbagai sumber berita dan disimpulkan oleh gandatmadi46@yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.