APBN 2021 Percepatan Pemulihan Ekonomi & Penguatan Reformasi (1)

informasi APBN

Disusun oleh Tim Kementerian Keuangan

APBN 2021 Percepatan Pemulihan Ekonomi & Penguatan Reformasi

Siklus Penyusunan APBN 2021

Januari 2020 – Presiden menetapkan arah dan kebijakan serta prioritas pembangunan nasional.

16 April 2020 – Penyusunan Resource Envelope

20 Mei 2020 – Pengajuan Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok pokok Kebijakan Fiskal, serta RKP ke DPR

14 Agustus 2020 – Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam rangka Pengajuan RUU dan Nota Keuangan RAPBN 2021.

26 Oktober 2020 – UU no 9 tahun 2020 tentang RAPBN 2021 disahkan

November 2020 – Penetapan dan Penyerahan DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran)

Note:

-Penyusunan APBN 2021 dilakukan di tengah ketidakpastian akibat pandemi Covid-19.

-DPR dan Pemerintah sepakat untuk memberi fleksibilitas pada Pemerintah

-APBN 2021 disahkan pada awal Oktober untuk memberi waktu yang cukup pada Pemerintah dalam menyelesaikan DIPA.

Percepatan Pemulihan Ekonomi & Penguatan Reformasi

1.Kesehatan

Penanganan Covid-19 dan pemulihan kesehatan masyarakat merupakan prasyarat pemulihan ekonomi dan pelaksanaan reformasi. Langkah yang akan ditempuh Pemerintah adalah penyediaan vaksin guna mengendalikan penyebaran Covid-19.

Sementara itu, peningkatan akses dan mutu pelayanan kesehatan khususnya dari sisi sumber daya kesehatan dan jaminan kesehatan nasional, penguatan koordinasi pusat dan daerah, serta pembangunan sistem kesiapsiagaan ketahanan kesehatan untuk membentengi dari kondisi darurat kesehatan di masa depan terus dilakukan.

2.Ekonomi

Strategi ditempuh untuk pemulihan ekonomi melalui kebijakan fiskal yang ekspansif konsolidatif dengan tetap mengedepankan pengelolaan fiskal yang fleksibel dan berkelanjutan.

Kebijakan tersebut antara lain dukungan program/kegiatan pada sektor terdampak (a.l. Pangan, Pariwisata), serta perluasan akses modal UMKM melalui subsidi bunga KUR serta melanjutkan program perlindungan sosial yang dilakukan secara terarah dan terukur, sebagai instrumen stimulus bagi perekonomian di tengah potensi ketidakpastian yang tinggi dampak pandemi Covid-19 terhadap perekonomian nasional dan masyarakat.

3.Reformasi

Diarahkan pada penguatan reformasi struktural untuk membangun fondasi yang kuat dalam rangka pemulihan ekonomi dan keluar dari middle income trap.Reformasi menjadi penting karena merupakan prasyarat dalam upaya peningkatan iklim investasi yang dibutuhkan untuk memulihkan pertumbuhan, mendorong inovasi, dan meningkatkan daya saing (competitiveness). Antara lain melakukan relaksasi prosedur untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional serta redesign sistem penganggaran.

Ringkasan APBN 2021

Kebijakan countercyclical masih diperlukanuntuk akselerasi pemulihan ekonomi nasional di tengah ketidakpastian Covid-19.

defisit apbn

Pendapatan Negara

Mendukung pemulihan ekonomi nasional melalui pemberian insentif pajak secara selektif dan terukur Melakukan relaksasi prosedur untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasionalMeningkatkan pelayanan PNBP kepada masyarakat

Belanja Negara

Melanjutkan penanganan kesehatan akibat Covid-19, utamanya peningkatan supply side dan antisipasi pengadaan vaksin Melanjutkan program perlinsos untuk akselerasi pemulihan (a.l. Kartu Sembako, PKH, Pra kerja)Dukungan program/kegiatan pada sektor terdampak(a.l. Pangan, Pariwisata), serta perluasan akses modal UMKM melalui subsidi bunga KURyaan Anggaran

Pembiayaan Anggaran

Mendukung restrukturisasi BUMN, BLU, Sovereign Wealth Fund (SWF)Meningkatkan akses pembiayaan bagi UMKM, UMi, dan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR)Melanjutkan dukungan terhadap pendidikan tinggi, penelitian, dan kebudayaan

Outlook Pertumbuhan Ekonomi Global

Memburuk akibat pandemi, namun pemulihan ekonomi yang lebih cepat di beberapa wilayah daripada estimasi awal mendorong dilakukannya revisi ke atas.

data IMF

resiko yg mempengaruhiAsumsi Dasar Ekonomi Makro

Pertumbuhan ekonomi Indonesia diproyeksikan kembali menuju trajectory pertumbuhan jangka menengah, meskipun masih penuh ketidakpastian

warna merah dan birutumbuh ekonFaktor utama yang memengaruhi pertumbuhan ekonomi yaitu penanganan Covid-19, dukungan stimulus fiskal untuk melanjutkan program PEN dalam rangka pemulihan ekonomi, dan pertumbuhan ekonomi global

 

kursPemulihan ekonomi domestik di tahun 2021 akan semakin menarik arus modal masuk dan memperkuat Rupiah. Peluang pemulihan ekonomi negara maju, akan memengaruhi kondisi likuiditas di pasar global.

harga minyakFaktor yang memengaruhi harga minyak dunia 2021 antara lain peluang perbaikan kondisi perekonomian global berdampak pada naiknya permintaan minyak di pasar komoditas minyak mentah.

 

inflasi

  Tingkat inflasi tahun 2021 dipengaruhi oleh pulihnya aktivitas konsumsi masyarakat dan pertumbuhan ekonomi nasiona

Targlifting migaset lifting migas tahun 2021 akan dipengaruhi oleh potensi penurunan alamiah sumur-sumur existing dan optimalisasi lifting migas melalui peningkatan upaya teknis, reformasi birokrasi, serta perbaikan iklim usaha (ease of doing business)

Tingkat bunga SBN 10 tahun akan dipengaruhi antara lain oleh risiko ketidakpastian pasar keuangan global dan prospek membaiknya perekonomian Indonesia. Kerja sama otoritas fiskal dan moneter akan semakin diperkuat untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.*) Dalam APBN 2021, Tingkat bunga SBN 10 tahun menggantikan tingkat bunga SPN 3 bulan

tingkat bungaTingkat bunga SBN 10 tahun akan dipengaruhi antara lain oleh risiko ketidakpastian pasar keuangan global dan prospek membaiknya perekonomian Indonesia. Kerja sama otoritas fiskal dan moneter akan semakin diperkuat untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.*) Dalam APBN 2021, Tingkat bunga SBN 10 tahun menggantikan tingkat bunga SPN 3 bulan

                    

Sasaran dan Indikator Pembangunan

Upaya meningkatkan kesejahteraan a.l ditunjukkan dengan kesepakatan untuk memperbaiki indeks Nilai Tukar Petani dan Nilai Tukar Nelayan dalam APBN 2021.

Gini rationilai tukarPostur APBN 2021

Mendukung Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Penguatan Reformas

postur apbnbersambung

gandatmadi46@yahoo.com

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.