Nikola Tesla ( 1856 – 1943 ) : The great inventor, Nikola Tesla ( 1 )

Seorang Serbian American dikenal sebagai inventor, electrical engineer, mechanical engineer, physicist, and futurist. Populer karena kontribusinya membuat design alternating current ( AC ) dan electricity supply system. Lahir di era kekaisaran Austria, memperoleh pendidikan bidang engineering dan fisika – Politeknik Joanneum di Graz, Austria serta sempat bekerja di telephony dan Continental Edison dalam electric power industry. Migran ke US di tahun 1884, awalnya bekerja tidak lama  untuk Edison Machine Work, NY. Kemudian mandiri, mendapat bantuan keuangan dari para mitra untuk memasarkan ide2nya.

foto Nikola TeslaNikola Tesla

Tesla mendirikan laboratorium dan perusahaan di New York untuk mengembangkan berbagai perangkat listrik dan mekanik. Motor induksi arus bolak-balik (AC) dan paten AC polyphase* terkait, yang dilisensikan oleh Westinghouse Electric pada tahun 1888, memberinya banyak uang dan menjadi fondasi sistem polyphase yang pada akhirnya dipasarkan oleh perusahaan itu.

  • Sistem polyphase adalah alat untuk mendistribusikan tenaga listrik arus bolak-balik. Sistem polyphase memiliki tiga atau lebih konduktor listrik yang membawa arus bolak-balik dengan waktu yang pasti untuk menyeimbangkan voltage waves ( gelombang tegangan ) pada masing-masing konduktor. Contoh yang paling umum adalah sistem tenaga tiga fasa yang digunakan untuk aplikasi industri dan transmisi daya.

Note:

Gmb AC & DC

Gmb Tesla vs EdisonPada tahun 1880an, arus DC sama baiknya dengan AC untuk penggunaan lampu pijar. Namun, perdebatan kemudian muncul ketika dicari jenis arus yang lebih bagus untuk pembangkitan, ditransmisikan dan penggunaan motor listrik. Perang memuncak pada tahun 1983, ketika kontrak untuk menyediakan listrik bagi Pameran Dunia Chicago  diberikan kepada Westinghouse, yang menggunakan arus AC, lebih murah 30% daripada edison. Pada tahun yang sama  Niagara Falls Power Company memutuskan untuk menggunakan arus bolak balik untuk pembangkitannya yang kontraknya juga dilakukan oleh westinghouse dan Tesla.

Terbukti arus AC bisa dinaikkan voltasenya sampai 500 kv sehingga mampu disalurkan ketempat2 yang ribuan kilometer.

gmb transmisi-3Dalam usaha mengembangkan penemuannya dia dapat mematenkan dan memasarkan. Tesla melakukan sejumlah percobaan mechanical oscillators ( generators , electrical discharge tubes, awal X-ray).

gmb discharge tubeSalah satu yang pertama kali dipamerkan adalah wireless controlled boat. Tesla menjadi terkenal sebagai penemunya dan akan menunjukkan prestasinya kepada para selebriti dan pelanggan kaya di laboratoriumnya, dan terkenal karena kecakapan memainkan pertunjukannya di ceramah umum.

gmb wireless boatWireless controlled boat

Sepanjang tahun 1890-an, Tesla mengejar ide-idenya untuk penerangan nirkabel dan distribusi tenaga listrik nirkabel tegangan tinggi serta percobaan  high-frequency power di New York dan Colorado Springs. Pada tahun 1893, dia membuat pengumuman tentang kemungkinan komunikasi nirkabel dengan perangkatnya. Tesla mencoba mengemukakan gagasan ini untuk penggunaan praktis di proyek Menara Wardenclyffe yang belum selesai, sebuah komunikasi nirkabel dan pemancar daya antar benua, namun kehabisan dana sebelum dia bisa menyelesaikannya.

Menara TeslaWardenclyffe Tower

Setelah Wardenclyffe, Tesla terus mencoba mengembangkan serangkaian penemuan di tahun 1910-an dan 1920an dengan berbagai tingkat kesuksesan. Setelah menghabiskan sebagian besar uangnya, dia tinggal di serangkaian hotel di New York, meninggalkan tagihan yang belum dibayar.  Pembawaannya dalam menjelaskan karya2nya kepada media dikemudian hari memperoleh reputasi sebagai mad scientist, menurut kultur populer Amerika.

Tesla meninggal di New York City pada bulan Januari 1943. Karyanya jatuh ke dalam relative obscurity setelah kematiannya, namun pada tahun 1960, General Conference on Weights and Measures menamai unit SI kerapatan fluks magnetis tesla untuk menghormatinya. Sejak tahun 1990an muncul kebangkitan untuk  meminati  Tesla.

oleh karena hasil penemuan Nikola Tesla banyak sekali serta memerlukan penjelasan maka artikel Nikola Tesla, the great inventor disajikan berseri.

dikumpulkan dari berbagai sumber oleh gandatmadi46@yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.