Panama Papers

Automatic Exchange of Information ( AeoI )
Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan pemerintah akan bisa mengintip semua informasi rekening yang bersaldo minimal USD 250 ribu atau Rp 3,25 miliar di seluruh dunia untuk kepentingan perpajakan. Sri mengatakan, nilai USD 250 ribu itu merupakan nilai standar yang ditetapkan negara-negara peserta pertukaran informasi otomatis (Automatic Exchange of Information-AEoI).
Dari sisi aturan internasional, maka batas saldo atau nilai rekening yang wajib dilaporkan secara otomatis adalah USD 250 ribu. Secara internasional, bahwa kalau ada saldo di atas USD 250 ribu, itu subject to akses informasi.  Sehingga karena Indonesia adalah masuk, maka kita menggunakan itu di dalam konteks batasan saldo nilai rekening keuangan yang wajib dilaporkan secara otomatis,” kata Sri di kantornya, Kamis (18/05/2017).
Negara yang ingin bergabung juga harus memiliki jaminan bahwa otoritas pajak memiliki akses informasi keuangan untuk kepentingan perpajakan di semua lembaga keuangan, serta memenuhi ketentuan dari sisi format atau konten yang ditetapkan AEoI saat bertukat data. Apabila tak mampu memenuhi persyaratan, negara itu akan dianggap gagal dan terkucilkan dalam pertukaran data. Terkait hal itu dikeluarkan peraturan batas saldo minimal di Bank sebesar rp 1 milyar.
Ditjen Pajak dan Commissioner of Inland Revenue Departement Hong Kong meneken kesepakatan bilateral competent authority agreement pada 16 Juni 2017 lalu. Dengan kerja sama itu, Ditjen Pajak dapat memperoleh akses rekening keuangan warga Indonesia di Hong Kong untuk kepentingan perpajakan.
Pada tgl 4 Juli, 2017 Pemerintah Indonesia dan Swiss mendeklarasikan kesiapan kedua negara untuk saling bertukar informasi keuangan untuk tujuan perpajakan atau dikenal dengan istilah Automatic Exchange of Information (AEOI) Seperti diketahui isu sebelumnya Swiss disebut negara tax haven. Swiss dipastikan tidak termasuk di dalam gerbong negara-negara surga pajak itu. Sri Mulyani memastikan, tidak perlu ada kerja sama bilateral perpajakan dengan Swiss, cukup kerja sama multilateral. Duta Besar Swiss untuk Indonesia, Yvonne Baumann mengatakan, Swiss juga memiliki kepentingan untuk ikut AEoI. Hal itu diungkapkan pada acara penandatangan
Hampir 65 persen deklarasi harta luar negeri warga Indonesia berasal dari Singapura. Data ini diperoleh dari data program pengampunan pajak (tax amnesty) dan data pendukung lainnya yang dikantongi Kemenkeu. Selain Singapura, beberapa negara lain yang menjadi destinasi penempatan harta terbesar warga Indonesia adalah Hong Kong dan Inggris Raya ( British Virgin Island ). Oleh sebab itu, imbuh Sri, Singapura menjadi prioritas pertama pihaknya.
Panama Papers
BBC News, 5 July 2017
gmb panama papers-1Jerman telah membayar jutaan euro untuk mengungkapkan para pengemplang offshore tax. The Federal Crime Office ( BKA ) mengatakan jutaan data akan tersimpan dalam data elektronik secara rinci sehingga bisa di evaluasi. Kepada media disampaikan telah membayar sekitar 5 Euro atau $ 5,7.
Dari dokumen yg telah bocor tahun lalu mengungkapkan siapa2 yang memanfaatkan tax havens ( negara atau wilayah ) untuk menyembunyikan kekayaan mereka. Mereka itu diantaranya kepala pemerintahan, celibrities dan businessmen yg ditekan agar mundur dari posisinya jika tidak ingin terungkap..

foto tokoh panama papers

Bulan2 Penyelidikan
Beberapa dokumen sekitar 11,5 m dari Panama Law Firm, Mossack Fonseca awalnya bocor ke Süddeutsche Zeitung Jerman dan kemudian ke kantor berita lain yang bekerja sama dengan the International Consortium of Investigative Journalists.
Süddeutsche mengatakan telah menolak untuk menyampaikan dokumen tersebut untuk melindungi sumbernya dan melaporkan bahwa sebuah tim polisi federal dan jaksa telah melakukan perjalanan ke Panama City pekan lalu untuk bertemu dengan pejabat setempat. Polisi mengatakan bahwa meneliti data kemungkinan akan memakan waktu beberapa bulan.
Sementara membayar dalam jumlah besar, tetap kontro versial,  untuk data yang diperoleh secara tidak sah dianggap legal  oleh pengadilan konstitusional Jerman.
Ketika Denmark membayar jumlah yang lebih kecil untuk membeli data yang diduga melibatkan 600 warga Denmark pada September lalu, partai oposisi menyerang keputusan tersebut dapat dituntut
Kebocoran Panama Papers adalah yang terbesar dalam sejarah. Beberapa dokumen telah diterbitkan oleh berbagai organisasi media namun masih banyak yang tidak dipublikasikan
Jerman, Prancis dan Inggris diyakini telah membayar data nasabah bank di masa lalu dalam upaya untuk mengambil tindakan keras terhadap para penghindar pajak.
“Data ini sedang diperiksa dan dievaluasi oleh otoritas pajak negara bagian Hesse terhadap mereka  yang melakukan pelanggaran pidana fiskal,” kata BKA dalam sebuah pernyataan bersama dengan kementerian keuangan Hesse dan kantor kejaksaan di Frankfurt. Selain penipuan pajak, penyidik juga akan mencari bukti perdagangan senjata dan kejahatan terorganisir. Selain penipuan pajak, penyidik juga akan mencari bukti perdagangan senjata dan kejahatan terorganisir.
Peberitaan dalam jutaan dokumen yang bocor dari firma hukum Panama Mossack Fonseca yang mengungkap sebuah dugaan pencucian uang yang dilakukan oleh rekan dekat Vladimir Putin dapat membuat pembaca tenggelam dalam lautan istilah dan ekspresi yang membingungkan.
Foto PutinMeskipun ada cara yang sah untuk menggunakan tax havens , sebagian besar dari apa yang telah terjadi adalah tentang menyembunyikan kekayaan dari  pemilik asli, asal usul uang dan menghindari membayar pajak atas uang tersebut.
Jika Anda adalah pemilik bisnis kaya di Jerman yang telah memutuskan untuk menghindari pajak,  international drugs dealer atau kepala rezim pemerintah yang brutal, metodenya sangat mirip.
Mossack Fonseca mengatakan bahwa pihaknya selalu mematuhi protokol internasional untuk memastikan bahwa gabungan perusahaan tidak digunakan untuk penghindaran pajak, pencucian uang, pendanaan teroris atau keperluan ilegal lainnya.
Shell companies
Perusahaan shell ( dummy atau fiktif )  memiliki tampilan luar sebagai bisnis yang sah. Tapi itu hanya cangkang yang kosong. Tidak ada yang bisa mengatur uang di dalamnya, sambil menyembunyikan siapa pemilik uang itu. Manajemennya terdiri dari pengacara, akuntan, atau bahkan pembersih kantor, yang tidak lebih dari sekedar menandatangani dokumen dan membiarkan nama mereka muncul di kop surat.
Ketika pihak berwenang mencoba untuk mengetahui siapa yang benar-benar memiliki atau mengendalikan uang di perusahaan, mereka diberi tahu bahwa manajemen melakukannya, tapi itu hanya kedok. Orang lain hanya membayar mereka sehingga mereka bisa menyembunyikan uang mereka dari pihak berwenang atau dalam beberapa kasus mantan istri mereka. Perusahaan Shell juga bisa disebut perusahaan ” letter box “, karena hanya berisi alamat untuk mengirim dokumen.
Ketika pihak berwenang mencoba untuk mengetahui siapa yang benar-benar memiliki atau mengendalikan uang di perusahaan, mereka diberi tahu bahwa manajemen melakukannya, tapi itu hanya kedok. Orang lain hanya membayar mereka sehingga mereka bisa menyembunyikan uang mereka dari pihak berwenang atau dalam beberapa kasus mantan istri mereka. Perusahaan Shell juga bisa disebut perusahaan ” letter box “, karena hanya berisi alamat untuk mengirim dokumen.
Offshore Financial Centre
Jika Anda memiliki perusahaan shell, Anda tidak menginginkannya berbasis di London atau Paris di mana pihak berwenang biasanya dapat mengetahui siapa pemiliknya, jika mereka benar-benar menginginkannya. Anda memerlukan Offshore Financial Centre, atau yang sering disebut tax haven. Ini biasanya berbasis di negara-negara kepulauan kecil, dengan kerahasiaan perbankan dan pajak yang sangat rendah terhadap transaksi keuangan.
Ada banyak negara atau otoritas seperti itu di seluruh dunia, dari Kepulauan Virgin Britania Raya, sampai Makao, Bahama dan Panama. Meskipun di tempat-tempat seperti itu, sebagian besar layanan keuangannya legal: hanya kerahasiaan yang membuat mereka sangat menarik bagi pengemplang pajak dan penjahat di seluruh dunia, terutama jika regulatornya lemah atau menutup mata.
Kuasa ( bearer )  Saham dan Bond ( surat2 berharga )
Untuk extra lapisan ( untuk menutupi )  anonimitas  sehingga Anda dapat memindahkan sejumlah besar uang dengan mudah, maka kata  Kuasa ( bearer ) saham dan bond merupakan jawaban yang jelas. Setiap catatan £ 5 memiliki kata-kata “Saya berjanji untuk membayar kepada si Kuasa   sebesar lima pound”. Itu berarti jika itu ada di saku Anda, itu milik Anda: orang “membawa” atau membawa uang memilikinya, dapat membelanjakannya atau melakukan apa yang mereka sukai dengannya.
Bearer saham dan obligasi bekerja dengan cara yang sama, orang yang memilikinya di saku baju, tas kerja atau brankas mereka. Tapi mereka tidak berharga £ 5. Bearer biasanya tampil dengan nilai bagus  seperti £ 10.000.
Sangat memudahkan jika Anda ingin memindahkan sejumlah besar uang dan bagus jika Anda ingin menolak kepemilikannya. Jika bond disimpan di kantor pengacara di Panama, siapa tahu apakah itu milik Anda atau bahkan keberadaannya? Ini membantu menjelaskan mengapa pemerintah AS menghentikan penjualan obligasi pada tahun 1982. Mereka terlalu mudah digunakan oleh penjahat.
Money laundering
Pencucian uang melibatkan pembersihan uang “kotor” sehingga Anda bisa menggunakannya tanpa menimbulkan kecurigaan. Jika Anda seorang pengedar narkoba, penipu atau, katakanlah, seorang politisi korup Anda akan memiliki banyak uang dan tidak ada cara untuk menghabiskan atau menyembunyikannya for a rainy day, tanpa mengabaikan permainan itu.
Uang itu perlu dibersihkan, jadi Anda bisa mengirimkannya ke perusahaan yang cerdik tapi tidak jujur  di Offshore Financial Centre dan mereka bisa membantu Anda mengubahnya menjadi bearer bond, dimiliki oleh perusahaan shell yang tidak ada yang tahu. Anda juga bisa menggunakannya untuk membeli lubang baut di London atau Prancis Selatan jika terjadi kudeta, mungkin membayar biaya sekolah anak-anak atau mendanai perjalanan belanja bibi ke Paris.
Sangsi dan Menghapus Sangsi
Salah satu cara untuk menghukum dan mencoba membatasi kekuatan rezim terkenal di seluruh dunia adalah sanksi. Ini bisa melibatkan batasan impor peralatan militer atau amunisi, larangan ekspor minyak dan barang lainnya, dan sanksi pribadi; Menutup rekening bank diktator dan teman, keluarga dan pendukung mereka. Pemerintah Inggris saat ini memberlakukan ribuan sanksi terhadap negara, bisnis, bank dan banyak individu mereka.
Tapi sanksi yang lebih berat terhadap sebuah rezim membutuhkan semakin banyak uang yang harus dikeluarkan untuk menghentikannya. Menyediakan rekening bank rahasia untuk penyiksa dan pembunuh massal, memasok senjata ke satu atau bahkan kedua belah pihak dalam perang saudara atau mendanai ambisi nuklir rezim terisolasi. Keuntungannya sangat besar dan, tentu saja, banyak rekening bank rahasia dan perusahaan shell ( fiktif ) di belahan dunia di mana pejabat menutup mata, adalah kunci untuk membuat sangsi dihapus.
The European Savings Directive ( ESD )
Berusaha menghentikan orang yang menyembunyikan uang dari otoritas pajak, Uni Eropa memperkenalkan European Savings Directive (ESD). Pada dasarnya, bank-bank di negara-negara UE mengumpulkan pajak yang jatuh tempo pada rekening bank yang dimiliki oleh warga negara-negara Uni Eropa lainnya.Dengan demikian  Anda tidak bisa menjadi orang Irlandia dengan rekening bank Belanda dan berharap otoritas pajak Irlandia tidak akan mengetahuinya atau mengumpulkan pajak yang terutang.
ESD membuatnya jauh lebih sulit untuk menyembunyikan uang Anda di Eropa. Menarik karena ketika ESD sedang dibahas dan diperkenalkan, ada peningkatan mendadak pada orang-orang yang ingin membuka rekening bank di luar Eropa, maka gelombang minat di tempat-tempat seperti Panama dan Kepulauan Virgin Inggris.

dikumpulkan dan diterjemahkan oleh gandatmadi46@yahoo.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.