The Role of Lobbying in American Politics

by Tom Murse

Updated May 16, 2017

Former President John F. Kennedy described the work of lobbyists in a positive light, saying they are expert technicians capable of examining complex and difficult subjects in clear, understandable fashion.  Because our congressional representation is based upon geographical boundaries, the lobbyists who speak for the various economic, commercial and other functional interests of the country serve a useful purpose and have assumed an important role in the legislative process,

Peran pelobi kontroversial dalam politik Amerika. Kenyataannya, ketika Presiden Barack Obama mulai menjabat pada tahun 2009, dia menjanjikan kepada para pemilih bahwa dia tidak akan pernah bertemu atau menyewa pelobi di Gedung Putih. Lantas apa pelobi yang membuatnya sangat tidak populer di kalangan publik?

Pelobi dipekerjakan dan dibayar oleh kelompok kepentingan khusus, perusahaan, organisasi nirlaba dan bahkan distrik sekolah untuk memberikan pengaruh atas pejabat terpilih di semua tingkat pemerintahan.

Apa yang dilakukan oleh pelobi, yang membuatnya sangat tidak populer? Itu bermuara pada uang. Sebagian besar orang Amerika tidak mempunyai uang untuk dibelanjakan untuk mencoba mempengaruhi anggota kongres mereka, jadi mereka melihat kepentingan khusus dan pelobi mereka memiliki keuntungan yang tidak adil dalam menciptakan kebijakan yang menguntungkan mereka daripada kebaikan rakyat.

Pelobi, bagaimanapun, mengatakan bahwa mereka hanya ingin memastikan pejabat terpilih Anda “mendengar dan memahami kedua sisi dari sebuah isu sebelum mengambil keputusan,”

Terdapat sekitar 9.500 pelobi terdaftar di tingkat federal. Itu berarti ada sekitar 18 pelobi untuk setiap anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Senat A.S. Secara keseluruhan mereka menghabiskan lebih dari $ 3 miliar yang mencoba mempengaruhi anggota Kongres setiap tahun, menurut Center for Responsive Politics di Washington, D.C.

Siapa yang Bisa Menjadi Pelobi?

Di tingkat federal, the Lobbying Disclosure Act of 1995 mendefinisikan siapa dan siapa yang bukan pelobi. Negara memiliki peraturan tentang pelobi, isinya tidak diizinkan para pelobi untuk mempengaruhi selama proses mengambil keputusan ( who is and isn’t permitted to seek to influence the legislative process in their legislatures ).

Di tingkat federal, pelobi didefinisikan oleh undang-undang sebagai seseorang yang menghasilkan setidaknya $ 3.000 selama tiga bulan sejak melakukan lobi, memiliki lebih dari satu kontak yang ingin dia pengaruhi, dan menghabiskan lebih dari 20 persen waktu untuk melobi untuk satu orang. Klien selama periode tiga bulan. Pelobi adalah seseorang yang memenuhi ketiga kriteria tersebut. Kritik mengatakan peraturan federal tidak cukup ketat dan menunjukkan bahwa banyak mantan anggota parlemen yang terkenal melakukan fungsi pelobi namun tidak benar-benar mengikuti peraturan tersebut.

Bagaimana  menempatkan Pelobi?

Di tingkat federal, pelobi dan perusahaan pelobi diminta untuk mendaftar ke Sekretaris Senat AS dan Panitera Dewan Perwakilan AS dalam waktu 45 hari untuk melakukan kontak resmi dengan presiden Amerika Serikat, wakil presiden, anggota Kongres Atau pejabat federal tertentu.

Daftar pelobi yang terdaftar adalah masalah catatan publik. Pelobi diminta untuk mengungkapkan aktivitas mereka yang mencoba membujuk pejabat atau mempengaruhi keputusan kebijakan di tingkat federal. Mereka diwajibkan untuk mengungkapkan isu-isu dan undang-undang yang ingin mereka pengaruhi, di antara rincian kegiatan mereka lainnya.

Grup Pelobi Terbesar

Asosiasi perdagangan dan kepentingan khusus sering menyewa pelobi mereka sendiri. Beberapa kelompok pelobi yang paling berpengaruh dalam politik Amerika adalah mereka yang mewakili Kamar Dagang A.S., Asosiasi Realtors Nasional, Asosiasi Pensiunan Amerika, dan Asosiasi Senjata Nasional.

Loopholes ( dari sisi hukum )  dalam Melobi

The Lobbying Disclosure Act telah dikritik karena mengandung apa yang beberapa orang merasa sebagai celah yang memungkinkan beberapa pelobi menghindari pendaftaran ke pemerintah federal. Secara khusus, misalnya, pelobi yang tidak bekerja atas nama satu klien selama lebih dari 20 persen waktunya tidak perlu mendaftar atau mengajukan pengungkapan. Dia tidak akan dianggap pelobi di bawah hukum.
American Bar Association telah mengusulkan untuk menghilangkan peraturan 20 persen yang disebut diatas.

Pelobi dimata Media

Pelobi telah lama dilukis secara negatif karena pengaruhnya terhadap pembuat kebijakan. Pada tahun 1869, sebuah surat kabar menggambarkan pelobi Capitol dengan cara ini: “Berayun masuk dan keluar melalui lorong bawah tanah yang panjang dan licik, merangkak melewati koridor, mengikuti panjangnya yang berlipat dari galeri ke ruang panitia, akhirnya terbentang panjang lebar di atas Lantai Kongres – reptil yang mempesona ini, ular besar bersisik dari lobi ini. “

Senator A.S. A. Robert A. Byrd dari West Virginia menjelaskan masalahnya dengan pelobi dan praktek mereka:  .Kelompok kepentingan khusus sering menggunakan pengaruh yang sangat tidak proporsional dengan representasi mereka di masyarakat umum,

This type of lobbying, in other words, is not exactly an equal opportunity activity. One-person, one-vote does not apply when the great body of citizens is under-represented in the halls of Congress compared to the well-financed, highly organized special interest groups, notwithstanding the often plausible objectives of such groups.

Kontroversial

Selama pemilihan presiden 2012, calon Republikan dan mantan pembicara House Newt Gingrich dituduh melobi namun tidak mendaftarkan kegiatannya dengan pemerintah. Gingrich mengklaim bahwa dia tidak termasuk dalam definisi legal pelobi, meskipun dia berusaha menggunakan pengaruhnya yang cukup besar untuk mempengaruhi pembuat kebijakan.

Mantan pelobi Jack Abramoff mengaku bersalah pada 2006 atas tuduhan penipuan surat, penghindaran pajak dan persekongkolan dalam skandal luas yang melibatkan hampir dua lusin orang, termasuk  Tom DeLay, House Majority Leader Tom DeLay.

Presiden Barack Obama mendapat kecaman karena mengambil pendekatan yang tampaknya bertentangan dengan pelobi.

Ketika Obama menjabat setelah memenangkan pemilihan tahun 2008, dia memberlakukan larangan informal untuk mempekerjakan pelobi di pemerintahannya. “Banyak orang melihat jumlah uang yang dikeluarkan, mendominasi untuk kepentingan khusus. Oleh  pelobi yang selalu memiliki akses, dan mereka berkata kepada diri mereka sendiri, mungkin saya tidak menghitungnya,” kata Obama kemudian.

Meski begitu, pelobi sering berkunjung ke Gedung Putih Obama. Dan ada banyak mantan pelobi yang diberi pekerjaan di pemerintahan Obama. Mereka termasuk Jaksa Agung Eric Holder dan Menteri Pertanian Tom Vilsack.

Apakah Pelobi bermanfaat?

Former President John F. Kennedy described the work of lobbyists in a positive light, saying they are “expert technicians capable of examining complex and difficult subjects in clear, understandable fashion.”

“Because our congressional representation is based upon geographical boundaries, the lobbyists who speak for the various economic, commercial and other functional interests of the country serve a useful purpose and have assumed an important role in the legislative process,

diterjemahkan oleh gandatmadi46@yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.