Pemantauan aktivitas di laut – penangkapan ikan

Terdapat beberapa sistem untuk memantau aktivitas di laut atau Vessel Traffic Service (VTS) dalam konteks ini untuk penangkapan ikan. Sistem yg cukup dikenal  dan sudah ada di Indonesia al Vessel Monitoring Solution (VMS) dan The Electronic Chart Display and Information System (ECDIS).

VMSRemarks: Undang-undang Uni Eropa mensyaratkan bahwa semua negara pesisir UE harus membuat sistem yang kompatibel satu sama lain, sehingga negara-negara dapat berbagi data dan Komisi dapat memantau bahwa aturannya dihormati. Pendanaan UE tersedia bagi Negara-negara Anggota untuk memperoleh peralatan canggih dan untuk melatih orang-orang mereka untuk menggunakannya.

Manfaat

1.Sistem ini menyediakan kepada negara dan organisasi untuk memantau pergerakan kapal dan menggunakan data posisi yang diterima dari sistem untuk menganalisis perilaku kapal, baik untuk tujuan penegakan hukum dan manajemen sumber daya.

2.Membantu pelayaran dalam pencegahan terjadinya tabrakan kapal dan membantu saat kapal grounding atau approach ke pelabuhan. VTS juga membantu dalam memperlancar gerakan kapal dan meningkatkan kemampuan operasi kapal di semua cuaca.

3.Komponen penting bagi pihak berwenang memerangi penangkapan ikan IUU (penangkapan ikan ilegal, tidak dilaporkan dan tidak diatur) dan sistem ini sepenuhnya sesuai dengan peraturan perikanan internasional dan memfasilitasi pertukaran informasi antara pihak berwenang, negara tetangga dan kantor perikanan regional.

  1. Fish Forecast: membantu nelayan mengidentifikasi keberadaan ikan di laut

5.Weather Information: memberikan informasi perkiraan cuaca dari pihak otoritas seperti Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika

6.Komponon penting untuk Search and Rescue.

7.Geofencing: memanfaatkan GPS atau radio frequency identification untuk membantu nelayan mendapatkan informasi ketika memasuki daerah terlarang untuk menangkap ikan (marine protection area).

8.Messaging Service: sistem pengiriman pesan yang memungkinkan nelayan berkomunikasi dengan petugas pelabuhan di darat.

dari sejumlah sumber info, gandatmadi46@yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.