Potret Ekonomi di Tahun Politik

Perdebatan bidang ekonomi Pilpres 2019 yang diselenggarakan TV One antara pihak Jokowi yang diwakili Menteri  Susi Pudjiastuti, Dirut Pertamina Nicke Widyawati, Darmawan Prasodjo dari Staf Kantor Presiden sedang dari pihak Prabowo diwakil oleh ekonom sepuh Kwik Kian Gie ex Menkeu, Fuad Bawasir ex Menkeu, Rizal Ramli ex Menkeu dan ex Menko Maritim,  Suryani S. Motik Wakil Ketua Kadin maka dalam perdebatan ekonomi tersebut wakil dari Jokowi jauh lebih unggul.

gandatmadi46@yahoo.com

Note

Karena belum banyak yang mengenal siapa Darmawan Prasodjo PhD berikut penjelasan singkat: Lahir Di Magelang Jateng tahun 1970 dari pasangan Brigadir Jenderal TNI (Purn) Sadja Moeljoredjo dan Ibu Sudarti Sadja. Lulusan 20 siswa terbaik SMA dari SMA 1 Magelang kemudian mendapat program Habibie tahun 1989 dan di kirim ke US untuk melanjutkan studi.

Ia mendapatkan gelar sarjana Bachelor, Master dan Ph.D.– nya di Texas A&M University, Amerika Serikat. Setelah lulus, ia sempat bekerja di Amerika Serikat hingga tahun 2012, ia pulang kembali ke Indonesia setelah 20 tahun di Amerika. Pada November 2014, Ia sempat pula bergabung dalam Tim Reformasi Tata Kelola Migas yang dipimpin oleh Faisal Basri.

Salah satu keahliannya adalah Geographical Information System (GIS) yang digunakan dalam disertasi doktoralnya yang berjudul Studi Keekonomisan Desain dan Kebijakan Sistem Penangkapan dan Penyimpanan Karbon.

Dalam bukunya, Modeling Petroleum Fiscal System: Economic Behavior Analysis for Industry and State, ia melakukan analisa fiskal migas melalui pendekatan perilaku (behavior and game theory) untuk memformulasikan atau mendesain strategi fiskal migas.

Pada tahun  2015 : Diangkat menjadi Deputi I Kepala Staf Kepresidenan Bidang Pengelolaan dan Pengendalian Program Prioritas Nasional.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.