Krakatau Steel (KS) : Proyek Hot Strip Mill II (lanjutan)

Pabrik ini tercatat menelan investasi senilai US$515 juta. Proyek pemasok baja Hot Rolled Coil dengan kapasitas 1,5 juta ton per tahun ini ditargetkan selesai pada  2019.

Dengan fasilitas HSM II baru tersebut nantinya kapasitas Krakatau Steel dan Krakatau Posco mencapai 7 juta ton, atau masih terdapat kekurangan 3 juta ton untuk mencapai 10 juta ton.  Ke depan, kata Dirut KS, Silmy, akan ada pengembangan Krakatau Posco serta pembangunan pabrik rolling mill lainnya, seperti pabrik cold rolling mill II dan III serta penambahan kapasitas HSM II

Dalam pembangunan klaster baja 10 juta ton di Cilegon tersebut, dibutuhkan investasi total sekitar US$3,5 miliar hingga US$4 miliar. Kluster 10 juta ton ini ditargetkan akan rampung pada 2025 mendatang dengan menggandeng beberapa investor dan juga perusahaan baja terkemuka di dunia.

Demikian catatan di blogweb Aspirasi tertanggal 30 Okt 2019. Setelah secara resmi KS menghentikan pengoperasian proyek baru Blast Furnish yang memakan investasi senilai  US$ 682 juta. Dalam waktu dekat KS akan mengajak Posco asal Korea Selatan untuk pengoperasian pabrik Blast Furnish tersebut.

PT Krakatau Steel (Persero) Tbk pada 18 Mei 2021 melakukan produksi perdana Hot Rolled Coil (HRC) dari pabrik Hot Strip Mill 2 (HSM 2) yang berkapasitas 1,5 juta ton per tahun. Pabrik dengan tambahan investasi menjadi  US$ 521 juta (dari US$515 juta) atau setara Rp7,5 triliun ini merupakan pabrik baja yang menggunakan teknologi terbaru dan tercanggih yang mulai dibangun pada tahun 2016.

SMS Grup asal Jerman FELAH ditunjuk membangun HSM II dengan basis turnkey:

CORE COMPONENTS

  • Walking beam furnace
  • 4-high reversing roughing stand with edger
  • Heat retention hoods
  • 6 finishing stands with hydraulic gap adjustment (HGC), CVC® plus with work roll shifting and integrated work roll bending
  • Laminar strip cooling
  • Hydraulic downcoiler
  • Coil conveyor system
  • X-Pact® electrics and automation

MAIN TECHNICAL DATA

Materials: Automotive grades, structural steel, pipe and tube grades

Strip width: 600 – 1,650 mm

Diposting oleh gandatmadi46@yahoo.com

Post navigation

Leave a Reply

Your email address will not be published.