Saham RI di Lembaga Keuangan Internasional – USD 6 billion +

IMF & WBG

Peran IMF adalah:
1. Mengawasi bekerjanya Sistem Moneter internasional
2. Membantu stabilisasi nilai tukar dan model hubungan nilai tukar di antara negara-negara anggota.
3. Membantu seluruh negara anggota, baik negara industri maupun negara berkembang, dalam memulihkan kesulitan neraca pembayarannya dengan memberikan kredit jangka pendek.
4. Men-supply cadangan mata uang (devisa) dari anggota IMF melalui alokasi Special drawing rights (SDRs)

Peran Bank dunia adalah:
1. Membantu negara-negara berkembang dengan memberikan pinjaman jangka panjang untuk proyek-proyek dan program-program pembangunan.
2. Membantu negara-negara berkembang yang GNP perkapitanya kurang dari US$ 925 per tahun. Bantuan keuangan tersebut diberikan melalui IDA
3. Membantu perusahaan-perusahaan swasta di negara-negara berkembang melalui IFC.

IMF

Berdasarkan situs resmi IMF (6/2023), saat ini besaran iuran/kuota yang dibayarkan Indonesia kepada IMF sebesar 4.648,4 juta Special Drawing Right (SDR). Apabila dicairkan, jumlah SDR ini setara dengan USD 6,18 miliar dengan catatan  USD 2.5 billion  dipegang BI. Dengan kepemilikan kuota sebesar 4.648,4 juta SDR, maka Indonesia berhak mendapatkan voting dalam pengambilan keputusan di IMF (voting power) sebesar 0,95 persen.

Penyumbang dana terbesar IMF saat ini dipegang oleh Amerika Serikat dengan jumlah kuota sebesar 82.994,2 juta SDR dengan kepemilikan voting power 16,50 persen. Selanjutnya negara lain yang juga memiliki kuota terbesar di IMF adalah Jepang dengan 30,820.5 juta SDR. Berkat itu Negeri Sakura ini memiliki voting power sebesar 6,14 persen di lembaga keuangan internasional ini.

Kemudian disusul China dengan kuota sebesar 30,482.9 SDR dengan kepemilikan voting power 6.08 persen. Selanjutnya ada beberapa negara besar asal eropa lainnya seperti Inggris, Jerman, Prancis, hingga Italia yang memiliki kuota dan voting power terbesar dalam organisasi IMF.

World Bank Group

Kelima organisasi di bawah naungan grup ini adalah International Bank for Reconstruction and Development (IBRD), International Development Association (IDA), International Finance Corporation (IFC), Multilateral Investment Guarantee Agency (MIGA), dan International Centre for Settlement of Investment Disputes (ICSID).

Islamic Development Bank (IsDB)

Untuk tahun 2023, Indonesia mengalokasikan USD17,2 juta antara lain melalui kerjasama dengan IsDB maupun dengan mitra pembangunan lainnya. Program IsDB – Awqaf Properties Investment Fund (APIF) 

Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) semula menanamkan investasi pada APIF sebesar USD  lima juta pada 2020. Pada 2021, Indonesia kembali menambahkan investasi senilai USD 6,5 juta.

Presiden Direktur Islamic Development Bank (IsDB), Muhammad Sulaiman Al Jasser mengatakan program APIF disalurkan pada sektor pendidikan, sosial, dan kesehatan. Saat ini ada 55 proyek yang sedang dilaksanakan di 28 negara anggota IsDB dan non anggota.

Total capital yang digelontorkan untuk program-program ini mencapai USD 114 juta ditambah sekitar USD 100 juta pembiayaan dari IsDB. Program-program tersebut diharap dapat mengembangkan sosial ekonomi di negara anggota.

Selain program-program kemaslahatan, IsDB juga berpartisipasi dalam penyertaan modal di 28 institusi keuangan syariah pada 21 negara. Total penyertaan ekuitas tersebut mencapai sekitar USD 363 juta.

IsDB salah satunya memiliki modal di Bank Muamalat Indonesia bersama dengan BPKH sebagai pemegang saham pengendali. Kerja sama ini akan membawa Bank Muamalat menjadi bank berkapasitas global yang memiliki kapasitas operasional haji umrah di Arab Saudi.

diposting oleh gandatmadi46@yahoo.com

Post navigation

Leave a Reply

Your email address will not be published.